ForexSignal88.com l Jakarta, 20/05/2020 – Dolar Amerika Serikat (AS) bergerak lebih rendah terhadap euro pada hari Selasa karena mata uang bersama zona euro melanjutkan penguatan yang tercipta di sesi sebelumnya setelah tersiar berita proposal Franco-German untuk dana hibah bagi wilayah Uni Eropa (UE) dan sektor-sektor yang paling terpukul oleh pandemi COVID-19.

Kabar positif tentang hasil dari uji coba vaksin untuk COVID-19 pun mengurangi permintaan untuk tempat berlindung yang aman, walhasil greenback mampu menekan yen hingga naik ke dekat level tertinggi satu bulan.

Jerman dan Prancis, dengan perjanjian mereka yang biasanya berarti membuka jalan untuk kesepakatan UE yang lebih luas, mengusulkan agar Komisi Eropa meminjamkan 500 miliar euro ($550 miliar) atas nama seluruh UE. Komisi tersebut diharapkan untuk menguraikan proposal mereka sebelum pertemuan puncak Eropa yang dijadwalkan pada 27 Mei.

Usulan Franco-German merupakan langkah maju yang membuka jalan menuju pemanfaatan kapasitas fiskal bersama untuk memberikan stimulus fiskal berkelanjutan untuk mendukung pemulihan ekonomi.