ForexSignal88.com l Jakarta, 13/01/2020 – Dolar Amerika Serikat (AS) beringsut lebih rendah dari harga tertinggi empat minggu terhadap safe-haven yen Jepang dan tergelincir terhadap franc Swiss pada hari Jumat karena kemungkinan munculnya ketegangan baru AS-Iran telah membebani sentimen pasar.

Greenback juga tertekan oleh data nonfarm payroll (NFP) AS yang lebih lemah dari perkiraan untuk Desember, yang mengikuti serangkaian angka ekonomi yang kuat.

Namun, data itu tidak mungkin mempengaruhi Federal Reserve dari sikap netral pada tingkat suku bunga. Indeks dolar AS masih membukukan kinerja mingguan terbaik dalam dua bulan.

Selama beberapa sesi terakhir, pasar mata uang telah dihambat oleh ketegangan geopolitik.

Yen dan franc Swiss merosot dari level tertinggi yang dicapai pekan lalu setelah AS dan Iran, dalam komentar para petinggi mereka baru-baru ini, menjauh dari konflik besar (all-out conflict).

Namun kekhawatiran para pelaku pasar terus tumbuh setelah AS memberlakukan lebih banyak sanksi terhadap Iran pada hari Jumat dalam menanggapi serangan rudal pembalasannya terhadap pasukan AS di Irak.