ForexSignal88.com l Jakarta, 11/07/2019 – Greenback melemah pada hari Rabu setelah Ketua Federal Reserve Jerome Powell mengetuk nada suram dalam kesaksian di Kongres Amerika Serikat (AS).

Powell mengatakan ketidakpastian perdagangan dan kekhawatiran tentang prospek global terus memberikan tekanan pada ekonomi AS.

Greenback terpukul euro dan yen setelah komentar Powell tersebut, yang memperkuat ekspektasi The Fed akan memangkas suku bunga untuk pertama kalinya dalam satu dekade pada pertemuan kebijakan moneter berikutnya akhir bulan ini.

Dalam sambutan yang disiapkan untuk komite Kongres AS, Powell mengatakan The Fed siap untuk "bertindak sesuai" untuk mempertahankan ekspansi satu dekade.

Dia juga membandingkan "pandangan dasar" The Fed tentang pertumbuhan AS yang berkelanjutan terhadap sejumlah besar risiko - termasuk inflasi yang terus-menerus lemah, pertumbuhan yang lebih lambat di negara-negara besar lainnya, dan penurunan investasi bisnis yang didorong oleh ketidakpastian berapa lama perang dagang pemerintahan Trump dengan China dan negara lain akan bertahan.

Kesaksian semi-tahunan Powell kepada Kongres menunjukkan bahwa meskipun terjadi gencatan senjata perdagangan menyusul pertemuan G20 baru-baru ini dan kekuatan pertumbuhan lapangan kerja pada Juni, The Fed bermaksud untuk terus maju dengan wacana penurunan suku bunga pada pertemuan FOMC pada akhir bulan ini.

Sebagian pelaku pasar telah mengantisipasi bahwa perkembangan positif itu akan meyakinkan The Fed untuk menunda pemotongan suku bunga sampai September.