ForexSignal88.com l Jakarta, 13/02/2018 – Memulai bisnis kecil bisa dilakukan dengan sedikit perencanaan yang serius dan pendanaan yang memungkinkan. Tekad dan kerjasama dengan orang lain yang mumpuni kadang memang diperlukan. Bahkan jika bisnis sudah berjalan, maka dibutuhkan kerja keras dalam satu atau beberapa tahun pertama untuk dapat mengembalikan modal (break even) atau untuk menutupi biaya. Selanjutnya adalah melindungi bisnis itu sendiri, yang sudah dirintis dari awal.

Semua pemilik bisnis harus memikirkan apa yang akan terjadi pada perusahaan jika masalah kesehatan atau masalah lainnya mencegah mereka menjalankan bisnis. Dengan kata lain, jika pengusaha itu menjadi cacat, siapa yang akan mengambil alih? Bisakah bisnis bertahan?

Pertimbangkan masalah ini terlebih dahulu dan tentukan apakah asuransi cacat menjadi masuk akal, atau jika mitra bisa mengisi kekosongan yang disebabkan oleh ketidakhadiran Anda.

Meramalkan Masa Depan

Ini bagus untuk memiliki bisnis, tapi akhirnya pengusaha mungkin ingin pensiun atau beralih ke tantangan lain. Dengan pemikiran tersebut, Anda harus membuat rencana bisnis yang membahas bagaimana Anda akan mentransfer, menjual atau menutup perusahaan Anda. Jika bisnis Anda bergantung pada pengetahuan dan kontak unik Anda, mungkin bisnis Anda tidak dapat dijabat oleh pihak lain.

Ada beberapa cara jika Anda ingin menyambut tantangan lain. Salah satunya yaitu mendelegasikan kepemimpinan perusahaan (bisnis kecil) Anda kepada orang lain dan mendudukannya sebagai CEO perusahaan. Dengan begitu, Anda masih memiliki perusahaan dan juga kendali terhadap perusahaan.

Atau cara lain menjual bisnis Anda. Ini biasanya terjadi pada orang – orang yang gemar membuat start up lalu menjualnya dan begitu seterusnya. Orang – orang ini mengambil keuntungan dari ide – ide yang digagasnya hingga menjadi bisnis yang sudah berjalan.  

Ada beberapa hal yang lebih memuaskan dan bermanfaat daripada meluncurkan dan memiliki bisnis berbasis rumah Anda sendiri, tapi sebelum terjun ke dalamnya, pastikan Anda mengerjakan pekerjaan rumah Anda. Membuat pekerjaan bisnis bukanlah tugas yang mudah, namun perencanaan yang tepat akan membantu meningkatkan peluang kesuksesannya.

Sumber Gambar: teenzonemagazine.co.za

Share This

Artikel Terkait Lainnya