Pasokan Bitcoin terbatas pada 21 juta koin, dan 21 juta koin tersebut dapat dibagi menjadi sub-unit hingga delapan tempat desimal (bitcoin terkecil yang ada saat ini 0.00000001, atau satu Satoshi, dinamai menurut pendirinya). Uang Fiat, di sisi lain, secara teoritis memiliki persediaan tak terbatas karena jumlah uang yang tak terbatas dapat dicetak.

Nilai setiap Bitcoin bergantung pada keyakinan yang kita masukkan ke dalamnya (semakin banyak pengguna dan penerimaan yang lebih luas, semakin tinggi nilainya) dan hukum dasar penawaran dan permintaan. Seiring meningkatnya permintaan dan penurunan pasokan, nilai atau harga naik, dan sebaliknya. Isu saat ini dengan model ini adalah karena kapitalisasi pasar saat ini, harganya volatile, namun pergerakan kenaikan harga tersebut karena persediaannya yang terbatas dan penciptaan yang dihitung, permintaan mengikuti tingkat inflasi dan kemudian menetapkan harga.

Ini bukan berarti mata uang kripto tidak sempurna. Manipulasi harga, risiko penurunan nilai, dan pesaing yang mengambil alih adalah beberapa risiko yang terkait dengan kripto, beserta ketidakstabilannya. Berita utama baru-baru ini menunjukkan betapa harga bitcoin dan cryptocurrencies lainnya dapat berubah dalam hitungan minggu bahkan harian.

Tidak ada yang bisa memprediksi masa depan, dan kita tidak tahu berapa nilai kripto yang akan ada besok atau apakah akan tetap ada dalam setahun. Hal yang sama dapat dikatakan untuk aset, komoditas atau bahkan mata uang apapun.

Yang kami tahu pasti Bitcoin telah berkembang sejak diluncurkan pada tahun 2009 sebagian karena ada permintaan untuk itu. Meskipun tidak ilegal memilikinya atau memperdagangkannya, banyak orang mempertanyakan legitimasinya. Jika Anda kebetulan memiliki keuntungan, pihak kantor pajak memandang kripto sebagai aset investasi properti, jadi pajak akan jatuh tempo pada keuntungan tersebut.

Mata uang kripto mungkin bukan mata uang masa depan, tapi beberapa di antaranya sudah pasti ada, dan beberapa orang mengira mereka ada di sini untuk digunakan.

Pikirkan tentang penghargaan bonus hotel, poin kartu kredit, penerbangan, dan bahkan program penghargaan merchant lain. Semua fasilitas itu memiliki nilai karena kita melihat keuntungan menggunakan mereka dan semuanya adalah mata uang digital; mereka mengizinkan kita untuk mendapatkan barang atau jasa dengan imbalan pembayaran virtual.

Selain dolar, kita membayar dengan poin digital, dan mirip dengan mata uang digital kripto, keduanya bersifat peer-to-peer.

Kami menghargai mata uang digital ini karena kami percaya mereka akan berada di sana saat kami memutuskan untuk mencairkan poin kami, namun yang kami miliki hanyalah keyakinan bahwa perusahaan atau merchant akan berada di sana besok untuk dapat menggunakan mata uang kripto sebagai alat tukar atau pembayaran.

Sumber Gambar: cryptocompare.com

Share This

Artikel Terkait Lainnya