Dengan begitu banyak menyebutkan Bitcoin dalam berita utama baru-baru ini, banyak orang sekarang mengenal istilah "cryptocurrency." Cryptocurrencies adalah mata uang digital yang menimbulkan banyak pertanyaan saat salah satunya seperti Bitcoin semakin populer.

Mata Uang Sebagai Alat Tukar

Untuk memahami apa itu mata uang kripto, penting untuk merenungkan makna uang. Kita menghargai uang untuk apa yang bisa dilakukannya untuk kita.

Selama berabad-abad, kita telah menggunakan berbagai bentuk mata uang untuk diperdagangkan dan pembelian; Mata uang adalah media atau alat pertukaran, dan biasanya, kita menyebutnya sebagai uang kertas (fiat). Uang Fiat hanyalah istilah yang kami gunakan untuk tender legal seperti yang dinyatakan oleh pemerintah. Dalam bahasa Latin, fiat berarti "jadilah." Namun, uang tidak selalu selembar kertas dengan desain rumit seperti sekarang ini. Pada satu titik, bentuknya berupa bulu, batu dan bahkan cangkang.

Nilai uang tergantung pada penampilan atau kondisinya, dan terkadang hanya dihargai karena keindahan atau kepraktisannya. Namun, nilai sebenarnya pada akhirnya didasarkan pada ketersediaannya karena barang tersebut seringkali sulit didapat atau diproduksi.

Perbedaan Antara Mata Uang Kripto dan Fiat Money

Seiring kemajuan abad, uang telah mengambil bentuk baru. Evolusi itu tanpa keraguan yang menarik, yang barangkali merupakan salah satu alasan mengapa mata uang kripto menjadi populer. Bitcoin dan banyak pesaingnya adalah mata uang digital dan terdesentralisasi yang dijamin oleh kriptografi (tanda tangan digital) dan, dalam beberapa kasus, juga anonim.

Perbedaan utama antara mata uang kripto dan uang fiat adalah pemerintah melindungi uang fiat. Namun, uang fiat tidak didukung oleh cadangan fisik (walaupun telah terjadi di masa lalu), yang memiliki kesamaan dengan kripto. Nilai mereka tergantung pada keyakinan yang kita tempatkan di dalamnya.

Tentu, lebih mudah untuk mempercayai pemerintah yang menyatakan bahwa sebuah mata uang adalah memiliki tender hukumnya, tapi mengapa pemerintah mendukung uang kertas? Bank sentral memainkan peran penting karena mereka pada akhirnya mengendalikan penyediaan uang dengan mencetak apa yang mereka perkirakan akan dibutuhkan oleh ekonomi. Mereka juga mengawasi lembaga keuangan lainnya dan bertindak sebagai "bank untuk bank" dengan memberikan layanan keuangan kepada mereka. Singkatnya, bank sentral mengendalikan jumlah uang beredar. Di Amerika Serikat, bank sentral adalah Federal Reserve. Ini diciptakan pada tahun 1913 dengan tujuan mengurangi krisis keuangan dan kepanikan perbankan.

Sumber Gambar: accessnow.org

Share This

Artikel Terkait Lainnya