Pasar tidak sempurna

Karena mekanisme pasar bersifat mekanis, bukan normatif, dan agnostik dalam hal efek sosial, tidak ada jaminan bahwa kebutuhan dasar setiap orang akan terpenuhi. Pasar juga menciptakan siklus boom dan bust. Sehingga di dunia yang tidak sempurna, memungkinkan munculnya "kroni kapitalisme," monopoli dan cara lain untuk menipu atau memanipulasi sistem.

Dalam Sosialisme Kebutuhan Dasar Terpenuhi

Manfaat utama sistem sosialis adalah bahwa orang-orang yang tinggal di bawahnya diberi jaring pengaman sosial. Secara teori, ketidakadilan ekonomi berkurang. Begitu juga dengan ketidakamanan ekonomi. Kebutuhan dasar disediakan. Pemerintah sendiri bisa menghasilkan barang yang dibutuhkan orang untuk memenuhi kebutuhannya, meski produksi barang tersebut tidak menghasilkan keuntungan.

Di bawah sosialisme, ada lebih banyak ruang untuk melakukan penilaian, dengan sedikit perhatian diberikan pada perhitungan yang melibatkan keuntungan dan tidak lain hanyalah keuntungan.

Ekonomi sosialis juga bisa lebih efisien, dalam artian ada sedikit kebutuhan untuk menjual barang kepada konsumen yang mungkin tidak membutuhkannya, sehingga menghasilkan sedikit uang untuk promosi produk dan upaya pemasaran.

Sosialisme Miliki Sedikit Insentif

Sosialisme terdengar lebih berbelas kasih, tapi memang memiliki kekurangannya. Salah satu kelemahannya adalah orang kurang memiliki usaha, dan merasa kurang terhubung dengan hasil usaha mereka. Dengan kebutuhan dasar mereka, mereka memiliki lebih sedikit insentif untuk berinovasi dan meningkatkan efisiensi. Akibatnya, mesin pertumbuhan ekonomi lebih lemah.

Serangan lain melawan sosialisme? Perencana dan mekanisme perencanaan pemerintah tidak sempurna, atau tidak dapat rusak. Di beberapa ekonomi sosialis, ada kekurangan bahkan barang paling penting sekalipun. Karena tidak ada pasar bebas untuk memudahkan penyesuaian, sistem mungkin tidak mengatur dirinya dengan cepat.

Kesetaraan adalah masalah lain. Secara teori, setiap orang setara di bawah ekonomi sosialisme. Dalam praktiknya, hierarki muncul, dan pejabat partai dan orang-orang yang terhubung dengan baik berada pada posisi yang lebih baik untuk lebih mudah menerima barang-barang yang mereka sukai.

Sumber Gambar: theodysseyonline.com

Share This

Artikel Terkait Lainnya