ForexSignal88.com l Jakarta, 24/01/2018 – Perkembangan terbaru dalam arena per-Bitcoin-an adalah munculnya situs – situs seperti Brawker dan Purse. Kedua situs yang disebutkan, memberikan layanan untuk mempertemukan dua kelompok orang dengan kebutuhan spesifik dan komplementer. Seperti dalam penghubung marketplace.

Kelompok pertama adalah individu yang ingin bisa menggunakan bitcoin untuk membeli barang dari situs yang belum dapat menerima mata uang digital secara langsung. Yang kedua terdiri dari orang lain yang ingin membeli bitcoin dengan kartu kredit atau debit. Pasar menyatukan atau mempertemukan kedua individu tersebut dengan persyaratan yang sesuai untuk menjual bitcoin secara efektif kepada satu dan memberikan barang diskon untuk yang lain.

Pasar atau marketplace hanya bertindak sebagai perantara, menawarkan pengguna platform, dompet bitcoin dan escrow untuk transaksi.

Bagaimana cara kerjanya:

Anto menempatkan daftar barang yang diinginkannya dari Bukapapak di marketplace, dengan menyebutkan diskon yang diinginkannya. Alice ini pemiliki Bitcoin yang ingin membelanjakan bitcoinnya di Bukapapak namun belum bisa menerima Bitcoin sebagai alat pembayaran.

Tata memiliki kartu kredit / debit dan ingin membeli bitcoin yang sesuai dengan nilai pembelian Anto. Dia menerima transaksi dan melalui marketplace, membeli barang-barang Bukapapak dan meminta mereka dikirim ke alamat Anto.

Begitu barang dikirim, Alice memberi tahu marketplace dan bitcoin untuk Tata dilepaskan dari escrow dan tiba di dompetnya Tata, dikurangi diskon yang disepakati Alice dan sedikit biaya untuk marketplace.

Sistem ini memang berarti Bob akan membayar biaya layanan yang relatif tinggi, tapi juga berarti dia akan dengan mudah bisa mendapatkan bitcoin via kartu kredit/debit bank.

Perdagangan seperti ini di marketplace sering disebut sebagai perdagangan peer-to-peer, yang memungkinkan pemilik bitcoin untuk mendapatkan barang diskon dengan bitcoin mereka melalui orang lain yang ingin mendapatkan kripto portabilitas dengan kartu kredit / debit. Kedua kelompok disatukan atau dipertemukan untuk menyelesaikan kedua hal tersebut dalam semacam pertukaran peer-to-peer.

Nah, cara ini belumlah populer di Indonesia, karena marketplace Bitcoin belum ada. Sedangkan cara lain yang lebih tradisional adalah, bursa mengeluarkan voucher berisi kode untuk bisa dimasukkan dalam penyelesaian transaksi Bitcoin. Dimana uang fiat sudah berpindah tangan terlebih dahulu sebelum transaksi Bitcoin diselesaikan.

Sumber Gambar: thebalance.com

Share This

Artikel Terkait Lainnya