ForexSignal88.com l Jakarta, 28/12/2017 – Bitcoin adalah bentuk mata uang digital yang relatif baru yang baru saja mulai menjadi mainstream, namun banyak orang masih belum mengerti mengapa mereka harus berusaha untuk menggunakannya.

Ada sepuluh alasan bagus mengapa perlu meluangkan waktu untuk terlibat dalam mata uang virtual ini.

SANGAT CEPAT

Bila Anda membayar cek dari bank lain ke bank Anda, bank akan sering memegang uang itu selama beberapa hari, karena tidak dapat dipercaya bahwa dana tersebut benar-benar tersedia. Demikian pula, transfer wire internasional bisa memakan waktu yang relatif lama. Transaksi Bitcoin, bagaimanapun, umumnya jauh lebih cepat.

Transaksi bisa terjadi seketika jika transaksi "zero-confirmation", artinya pedagang mengambil risiko menerima transaksi yang belum dikonfirmasi oleh blockchain Bitcoin. Atau, mereka bisa memakan waktu sekitar 10 menit jika seorang pedagang meminta agar transaksi dikonfirmasi. Itu jauh lebih cepat daripada transfer antar bank.

MURAH

Jika dibandingkan dengan pembayaran menggunakan kartu kredit, beberapa pedagang akan mengenakan biaya untuk transaksi kartu debit. Karena mereka harus membayar 'biaya gesek' untuk memenuhi permintaan mereka. Biaya transaksi Bitcoin minimal, atau dalam beberapa kasus gratis.

Pemerintah Pusat tidak dapat mengambilnya

Ingat apa yang terjadi di Siprus pada Maret 2013? Bank Sentral ingin mengambil deposito yang tidak diasuransikan lebih besar dari $ 100.000 untuk membantu rekapitalisasi bank itu sendiri, menyebabkan kerusuhan besar di populasi lokal.

Itu tidak bisa terjadi dengan bitcoin. Karena mata uang itu terdesentralisasi, Anda memilikinya. Tidak ada otoritas pusat yang memiliki kendali, dan karenanya bank tidak dapat mengambilnya dari Anda.

Tidak ada tagih ulang

Artinya, setelah bitcoin terkirim, maka mereka hilang. Seseorang yang telah mengirim bitcoin tidak dapat mencoba untuk mengambilnya kembali tanpa persetujuan penerima. Hal ini membuat sulit melakukan kecurangan yang sering kita lihat dengan kartu kredit, di mana orang melakukan pembelian dan kemudian menghubungi perusahaan kartu kredit untuk melakukan tolak bayar, yang secara efektif membalikkan transaksi.

Minim Resiko Pencurian Informasi

Ini yang paling penting. Sebagian besar pembelian online saat ini dilakukan melalui kartu kredit. Padahal kartu kredit tidak pernah seharusnya digunakan secara online dan tidak aman. Formulir online meminta Anda untuk memasukkan semua informasi rahasia Anda (nomor kartu kredit, tanggal kadaluwarsa, dan nomor CSV) ke dalam formulir web.

Sedangkan transaksi dengan Bitcoin, bagaimanapun, tidak mengharuskan Anda melepaskan semua informasi rahasia. Sebagai gantinya, mereka menggunakan dua kunci: kunci publik, dan kunci privat. Siapa pun dapat melihat kunci publik (yang sebenarnya adalah alamat bitcoin Anda), namun kunci pribadi Anda adalah rahasia.

Ketika Anda mengirim bitcoin, Anda 'menandatangani' transaksi dengan menggabungkan kunci publik dan pribadi Anda bersama-sama, dan menerapkan fungsi matematika kepada mereka. Ini membuat sertifikat yang membuktikan transaksi itu berasal dari Anda. Selama Anda tidak melakukan hal bodoh seperti mempublikasikan kunci pribadi Anda agar semua orang dapat melihat, Anda aman.

Sumber Gambar: bandwidthblog.com

Share This

Artikel Terkait Lainnya