Kemeriahan dan euforia atas bitcoin dan melemahnya kinerja emas telah menjadikan pertanyaan penting, apakah crypto yang mengambil jatah permintaan emas batangan?

Menurut Goldman Sachs Group Inc. memberikan jawaban tegas, TIDAK. Ini dikarenakan perbedaan karakteristik seperti Bitcoin telah menunjukkan volatilitas yang jauh lebih besar dan likuiditas yang lebih rendah dibandingkan emas, nilai pasar sebesar $ 275 miliar dari bitcoin jauh lebih kecil dari emas $ 8,3 triliun.

Meskipun kurangnya likuiditas dan volatilitas yang meningkat menjadikan Bitcoin menarik, tidak mungkin meyakinkan investor untuk mencari jenis diversifikasi dan keuntungan lindung nilai yang telah terbukti dimiliki emas selama sejarahnya yang panjang.

Bitcoin melonjak di atas $ 17.000 pada hari Senin setelah memulai tahun awal sekitar $ 1.000, dengan peluncuran futures di bursa Cboe Global Markets Inc. pada hari Minggu menambah hiruk-pikuknya. Kenaikan Emas berkurang dari 10 persen di tahun 2017.

Para analis meletakkan tiga alasan mengapa investor tidak mengganti emas dengan Bitcoin:

Kelompok investor sangat berbeda

Investor emas menggunakan bursa ETF (Exchange Traded Funds), futures atau indeks komoditas secara otomatis dilindungi oleh peraturan anti pencucian uang dan peraturan kontra-teroris. Bahkan perdagangan fisik perhiasan, bar dan koin menunjukkan peningkatan pengawasan peraturan global.

Sebaliknya, hanya ada sedikit kejelasan tentang bagaimana perdagangan crypto dapat dilakukan untuk mematuhi peraturan ini. Dan ini menciptakan halangan besar bagi investor profesional.

Tidak ada arus keluar emas yang tidak terlihat pada ETF

Tidak ada bukti adanya eksodus massal dari emas. Total kepemilikan yang diketahui di ETF berbasis emas batangan berada dekat level tertinggi sejak Mei 2013.

Karakteristik pasar emas dan Crypto sangat berbeda

Sementara bitcoin memiliki persediaan total matematis dan emas memiliki pasokan terbatas (ketidakpastian) di kerak bumi. Ini menyebabkan keduanya memiliki dinamika pasar yang sangat berbeda. Komposisi permintaan antara bitcoin dan emas adalah perbedaan utama. Bitcoin menarik lebih banyak arus masuk spekulatif.

Sumber: Bloomberg

Sumber Gambar: themerkle.com

Share This

Artikel Terkait Lainnya