ForexSignal88.com l Jakarta, 30/10/2017 – Dalam kontrak futures atau kontrak berjangka mata uang, ada dua metode utama untuk menyelesaikan kontrak berjangka mata uang. Pada sebagian besar kasus, pembeli dan penjual akan mengimbangi posisi awal mereka sebelum hari terakhir perdagangan (hari yang bervariasi tergantung pada jatuh tempo kontrak) dengan mengambil posisi berlawanan. Bila posisi berlawanan menutup perdagangan sebelum hari terakhir perdagangan (tanggal jatuh tempo), hasil trading baik keuntungan atau kerugian dikreditkan ke atau didebet dari akun trader.

Seringkali, kontrak futures dipertahankan sampai tanggal jatuh tempo, pada saat kontrak dilunasi secara tunai atau diserahkan secara fisik, tergantung pada spesifikasi kontraknya dalam pertukaran khusus. Sebagian besar mata uang berjangka berlaku jatuh tempo pada proses pengiriman fisik empat kali dalam setahun pada hari Rabu ketiga selama bulan Maret, Juni, September dan Desember. Hanya sebagian kecil kontrak berjangka mata uang yang diselesaikan dalam pengiriman valuta asing antara pembeli dan penjual secara fisik. Bila kontrak berjangka mata uang berjangka waktu berakhir dan dilunasi secara fisik, pertukaran yang sesuai dan peserta masing-masing memiliki tugas untuk menyelesaikan pengiriman.

Bursa Berjangka, seperti CME, bertanggung jawab untuk membangun fasilitas perbankan di Amerika Serikat dan di masing - masing negara yang diwakili oleh kontrak berjangka mata uangnya. Bank agen ini, sebagaimana mestinya, bertindak atas nama CME dan memelihara akun dolar AS dan akun mata uang asing untuk mengakomodasi pengiriman fisik. Selain itu, kontrak futures tidak ada secara langsung antara klien (misalnya, pembeli dan penjual).

Sebaliknya, setiap peserta memiliki kontrak dengan kliring, sangat mengurangi risiko bagi pembeli dan penjual sehingga masing – masing pihak tidak akan berkesempatan gagal dalam memenuhi persyaratan kontrak.

Pembeli (peserta memegang posisi panjang) membuat akun dengan bank untuk membayar dolar ke rekening pengiriman Pasar Moneter Internasional (IMM), sebuah divisi dari CME. IMM juga merupakan akun dimana penjual (peserta memegang posisi pendek) dibayar. Pengalihan mata uang asing juga terjadi di negara lain. Intinya, transfer bank peserta transfer mata uang ke akun pengiriman IMM, yang kemudian mentransfer mata uang ke akun yang sesuai.

Sumber Gambar : kotaksecurities.com

Share This

Artikel Terkait Lainnya