ForexSignal88.com l Jakarta, 26/10/2017 – Saat ini di pasaran ada tiga jenis Emas yang beredar. Ada yang dalam bentuk perhiasan, koin Emas dan batangan Emas. Ketiganya mempunyai kesamaan dalam hal bahannya. Kesamaan tersebut terletak pada keunggulan investasi, yaitu semuanya mempunyai nilai nyata (tangible), senilai benda fisiknya (intrinsic) dan nilai yang melekat pada benda itu (innate). Ketiga unggulan ini tidak dimiliki oleh investasi bentuk lain seperti uang kertas, saham dan surat berharga lainnya.

Bentuk Perhiasan

Jenis Emas seperti ini paling tidak disarankan untuk investasi, tapi Emas dalam bentuk perhiasan adalah jenis Emas yang bisa memberikan manfaat bagi pemiliknya. Selain untuk investasi, juga sebagai perhiasan yang dipakai sehari-hari. Berbeda dengan asset seperti kendaraan yang nilainya bisa langsung turun ketika keluar dari showroom (menjadi mobil bekas), harga Emas tidak mengalami penurunan yang berlanjut.

Kenapa tidak disarankan untuk Investasi? karena ketika Anda membeli perhiasan, uang yang Anda bayarkan terdiri untuk harga emasnya, ongkos pembuatan, desain dan merk. Disini emosional Anda sebagai pembeli dimainkan, semakin terkenal merknya, semakin bagus desainnya semakin mahal perhiasannya. Namun ketika Anda jual kembali yang dihargai hanya Emasnya saja.

Selain itu, kadar emas dalam bentuk ini biasanya kurang dari 24 karat dan kebanyakan harganya lebih ditentukan oleh nilai seni dari perhiasan itu. Jadi kalau punya gelang dihargai 1 juta, jika dilihat kadar emasnya aja tidak akan senilai itu. Oleh karena itu kalau menjual perhiasan emas seringkali turun harganya, padahal sebenarnya ini hanya dihargai emasnya saja. Kemudian Emas dalam bentuk perhiasan tidak mudah diperjual-belikan sesama pengguna, karena ada kendala model dan ukuran.

Bentuk Koin

Koin adalah salah satu bentuk lain dari Emas. Selain memiliki nilai intristik, koin emas juga memiliki nilai ekstrinsik, yaitu nilai kelangkaannya. Ada koin Emas yang karena nilai sejarahnya berharga sampai dengan 50 milyar.

Ada berbagai jenis koin Emas yang beredar di masyarakat, Koin Dinar Emas, Koin Shio, Koin Polos, dsb dengan kadar yang berbeda-beda pula.

Ada beberapa keuntungan dalam ber-investasi koin Emas, diantaranya:

  1. Memiliki sifat akun unit, mudah dijumlahkan dan dibagi. Kalau Anda punya 100 koin dan hari ini perlu 5 koin, maka Anda tinggal lepas yang 5 koin. Sisanya disimpan.
  2. Sangat liquid, mudah diperjualbelikan diantaranya karena memiliki sifat Unit Account
  3. Nilai jual kembali tinggi, karena mengikuti perkembangan harga Emas International.
  4. Mudah diperjualbelikan antas sesama pengguna karena tidak ada kendala model dan ukuran.

Namun koin Emas ini memiliki kelemahan. Di Indonesia, koin Emas dianggap perhiasan, sehingga pembelian koin Emas dikenakan PPn 10%. Kemudian biaya pembuatan koin Emas ini masih cukup tinggi, berkisar antara 3% – 5%.

Bentuk Batangan

Emas Batangan terdiri dari bermacam ukuran mulai dari 1 gr, 2.5 gt, 5 gr, 10 gr, 25 gr, 50 gr, 100 gr, 1 kg. Emas dalam bentuk ini sangat cocok untuk dijadikan sarana Investasi. Dimanapun kapanpun kita ingin menjualnya, nilainya akan mengikuti standar International. Untuk Investasi sangat disarankan menggunakan Emas Batangan yang mempunyai kadar 24 Karat dan tingkat kemurnian 99.99%.

Emas batangan seperti ini hanya diproduksi oleh perusahaan-perusahaan tertentu, karena untuk memurnikan Emas sampai dengan 99.99% memerlukan investasi peralatan yang sangat mahal. Oleh karena itu hanya ada 55 perusahaan di dunia ini yang bisa memurnikan Emas sampai dengan 99.99%. Kabar baiknya adalah, di Indonesia PT Aneka Tambang (ANTAM) melalui unit bisnisnya Logam Mulia adalah salah satu dari 55 perusahaan tersebut. Jadi, belilah Emas yang diproduksi oleh perusahaan-perusahaan tersebut, biasanya Emas jenis ini akan disertai dengan sertifikat yang dikeluarkan oleh pabrik yang memuat tentang kadar Emas, berat dan keabsahannya. Emas batangan seperti ini memang sangat ideal untuk investasi, terdiri dari unit terkecil 1 gram s/d 1 kg.

Sumber Gambar: goldrushdenver.com

Share This

Artikel Terkait Lainnya