ForexSignal88.com l Jakarta, 25/10/2017 – Emas memang benda berharga dan bernilai dan tentu saja setelah mengalami pengolahan bentuk agar lebih bernilai. Ini sudah berlaku beribu tahun yang lalu. Walaupun saat ini sistem nilai tukar uang fiat tidak lagi bergantung pada kepemilikan atau cadangan emas. Berikut adalah beberapa manfaat kepemilikan Emas:

Emas Sebagai Aset Nyata

Ketika Anda memegang Emas, Anda memegang aset nyata yang tidak tergantung pada orang lain. Aset nyata dalam genggaman Anda ini menjadi semakin penting pada saat krisis keuangan melanda. Nilainya pun akan menjadi nyata.

Daya Beli yang Konsisten

Semisal harga Emas turun menjadi US$ 1000/troy oz dua tahun lagi, pastilah harga komoditi yang lain seperti gandum, minyak, dan lainnya juga ikut turun. Statistik berabad-abad menunjukkan adanya korelasi nyata antara harga Emas dengan harga Komoditi - komoditi yang dibutuhkan manusia.

Jadi seandainya harga Emas turun, Anda juga tidak mengalami penurunan dalam kemakmuran Anda, karena Anda akan tetap dapat membeli barang-barang kebutuhan Anda dengan jumlah Emas yang sama.

Tidak Tergantung Pada Keputusan Pemerintah

Beda dengan Uang Kertas yang nilainya bergantung pada keputusan pemerintah masing - masing negara. Nilai Emas sama sekali tidak bergantung pada pemerintah. Dengan memiliki Emas, Anda tidak perlu mencemaskan keputusan Pemerintah Anda tentang suku bunga dan sejenisnya.

Aset Yang Berada Di Luar Sistem Perbankan

Dengan Emas Anda berkesempatan untuk memiliki aset yang di luar pengaruh sistem perbankan sama sekali. Kita tahu bahwa perbankan di seluruh dunia tanpa terkecuali negara maju sekalipun selalu dihantui krisis dari waktu ke waktu. Dengan Emas Anda akan terbebas dari pusaran krisis perbankan yang bisa muncul kapan saja dan di mana saja.

Motivasi untuk strategi ketahanan financial

Emas sudah terbukti dan teruji dalam rentang waktu yang sangat panjang dalam melawan Inflasi. Orang cenderung akan membeli Emas apabila ia tahu inflasi akan memburuk.

Nah, mulai sekarang memang selalu disarankan untuk memegang atau memiliki atau menyimpan emas sebagai aset nyata yang tak lekang oleh inflasi.

Sumber Gambar: financialtribune.com

Share This

Artikel Terkait Lainnya