ForexSignal88.com l Jakarta, 25/10/2017 – Seiring berjalannya waktu dan arus modernisasi yang kuat, maka terjadi pergeseran nilai, termasuk nilai Emas. Semakin tinggi pendidikan, masyarakat akan semakin realistis. Berkaitan dengan keamanan dan kenyamanan, perlahan tapi pasti, orang mulai melirik investasi modern lainnya seperti: Tabungan, Deposito, Saham, Reksadana dan lain sebagainya. Namun tidak ada yang lebih ampuh dari sisi keamanan dan kenyamanan Berinvestasi Emas. Terbukti saat terjadi dua kali krisis moneter terjadi di Indonesia, tahun 1998 dan 2008, Emas memiliki nilai yang mampu menahan inflasi.

Pertama, emas adalah benda yg mempunyai NILAI INFLASI NOL.

Kedua, tiap tahun harga emas mengalami kenaikan rata-rata sekitar 20% -30% bahkan lebih. Tapi sebenarnya bukan nilai emas yang naik, tetapi nilai yang lainnya turun tergerus oleh inflasi. Dari sisi pandangan masyarakat, seperti nilai emas yang naik.

Semisal Anda menabung di bank apalagi untuk jangka panjang, maka yang terjadi adalah nilai uang Anda tersebut berkurang karena tergerus inflasi. Nilai uang 100 juta saat ini tidak sama dengan nilai uang 100 jt 10 tahun yang akan datang. Jika data yg ada memiliki hitungan inflasi bisa mencapai 10% per tahun, sementara bunga tabungan hanya 2.5%-3.5% per tahun atau paling besar juga deposito 6%-7% per tahun.

Nah, agar nilai uang Anda bisa mendekati nilai emas yang mampu menahan inflasi, Anda harus memahami fungsi uang.

Uang seharusnya memiliki tiga fungsi utama:

  1. Sebagai Alat Tukar (Medium of Exchange)
  2. Sebagai Satuan Pembukuan (Unit of Account)
  3. Sebagai Unit Penyimpanan Nilai (Store of Value)

Apakah Uang Kertas yang Anda miliki dan gunakan sehari-hari memiliki ketiga fungsi di atas?

- Untuk fungsi pertama, jelas Ya. Secara de facto dan de jure, Uang Kertas saat ini menjadi satu-satunya alat tukar yang sah dan dipergunakan sehari-hari.

- Untuk fungsi kedua, ini debatable, salah satu prinsip Akuntansi dan Pembukuan adalah konsistensi, sementara nilai Uang Kertas tidak pernah konsisten.

- Sedangkan untuk fungsi ketiga, jelas TIDAK. Setiap saat secara perlahan dan pasti nilai Uang Kertas Anda akan tergerus inflasi.

Sumber Gambar: commoditytrademantra.com

Share This

Artikel Terkait Lainnya