ForexSignal88.com l Jakarta, 23/10/2017

National Association of Securities Dealers Automated Quotations 100(NASDAQ 100)

Indeks NASDAQ 100 pertama kali diperdagangkan di bursa pada 31 Januari 1985. Indeks ini terdiri dari saham 100 perusahaan non finansial Amerika Serikat dan internasional terbesar yang diperdagangkan di NASDAQ. Karena hampir seluruh perusahaan perusahaan tersebut adalah perusahaan teknologi maka indeks ini disebut juga indeks sektor teknologi.

Bursa NASDAQ ini awalnya didirikan oleh Securities Exchange Commision (SEC) pada tahun 1971 untuk memberikan fasilitas perdagangan saham melalui telepon maupun langsung melalui komputer dari berbagai pialang/ broker mancanegara. Bursa NASDAQ sendiri adalah bursa yang tidak berbentuk sebagai lokasi yang nyata secara fisik. Melainkan sebuah jaringan komputer yang menyimpan dan memperagakan harga saham. Saham tersebut diperdagangkan melalui apa yang disebut ”Over The Counter Institution.”

NASDAQ mengalami pertumbuhan yang sangat fenomenal sejak publikasi pertamanya, karena banyak perusahaan teknologi yang terdaftar di sana. Uniknya, saham yang terdaftar di NASDAQ tidak diperdagangkan sebagaimana saham yang terdaftar di bursa lain.

FTSE 100

Indeks FTSE 100 atau biasa yang disebut “footsie” adalah indeks saham dari 100 perusahaan perusahaan yang terdaftar di London Stock Exchange yang memiliki kapitalisasi paling tinggi. Indeks FTSE 100 ini dikelola oleh grup FTSE, sebuah perusahaan independen yang merupakan perusahaan joint venture antara Financial Times dengan London Stock Exchange. Indeks FTSE 100 mewakili sekitar 81 % dari kapitalisasi pasar dari seluruh London Stock Exchange. Walaupun FTSE All Share index lebih komprehensif, namun penggunaan indeks FTSE 100 menjadi yang paling banyak digunakan sebagai indikator bursa saham di London Stock Exchange.

DAX 30

Indeks Saham Jerman DAX 30 sebelumnya dikenal sebagai Deutscher Aktien IndeX 30. Ini terdiri dari 30 perusahaan besar Jerman yang diperdagangkan di Frankfurt Stock Exchange. DAX 30 diluncurkan pada tanggal 30 Desember 1987 & dimulai dengan nilai dasar 1000. Sistem perdagangan Xetra elektronik sebagai penyedia harga. Menurut Deutsche Börse, operator Xetra, DAX mengukur kinerja 30 perusahaan terbesar di Jerman Standard dalam hal volume pencatatan order dan kapitalisasi pasar. Ini menghitung indeks setiap satu menit.

Sumber Gambar: theaustralian.com.au

Share This

Artikel Terkait Lainnya