ForexSignal88.com l Jakarta, 23/10/2017 – Indeks merupakan indikator yang didapat melalui hitungan statistika untuk mengukur perubahan saham (secara umum) di Bursa Saham. Sederhananya, nilai indeks merupakan nilai rata – rata dari saham yang tercatat di suatu Bursa. Berikut macam indeks luar negeri yang wajib diketahui:

Dow Jones Industrial Average (DJIA)

Berawal pada tahun 1884, Charles Dow menerbitkan rata rata harga penutupan dari 11 saham perusahaan Amerika, yang merupakan cikal bakal Wall Street Journal. Dalam menghitung harga rata - rata tersebut, Dow secara sederhana menjumlahkan harga penutupan setiap saham kemudian dibagi 11. Sejak tahun 1886, dua harga rata2 ditambahkan, yaitu :

- Dow Jones Railroad, rata - rata harga penutupan dari 20 saham perusahaan perkereta-apian. Transportasi menjadi fokus pembangunan AS.

- Dow Jones Industrial Average, rata rata harga penutupan dari 12 saham perusahaan berbasis industri.

Indeks Dow Jones pertama kali diluncurkan pada posisi 40,96 pada 26 Mei 1896 dan dikenal dengan sebutan Dow Jones Industrial Average. Indeks ini merupakan indeks yang tertua kedua setelah Dow Jones Transportation yang diciptakan oleh perusahaan yang sama, yakni Dow Jones & Company.

Dow Jones & Company adalah sebuah perusahaan penerbit dan penyedia informasi keuangan Amerika Serikat yang didirikan oleh tiga orang wartawan senior yaitu Charles Dow, Edward Jones dan Charles Bergstresser.

Saat ini DJIA masih merupakan barometer yang sangat penting untuk mengukur kinerja pasar modal di Amerika Serikat. Saat ini DJIA terdiri dari 30 perusahaan, dimana penambahan jumlah saham itu merefleksikan perkembangan dan perubahan ekonomi Amerika Serikat.

Standard & Poor 500(S&P 500)

Indeks S & P 500 adalah indeks harga saham gabungan Amerika Serikat, yang terdiri dari 500 perusahaan AS yang memiliki kapitalisasi besar. Indeks ini juga populer digunakan sebagai acuan atas kinerja bursa serta kondisi ekonomi AS. Indeks ini pertama kali diciptakan pada 4 Maret 1957 oleh Standard & Poor’s, salah satu divisi McGraw-Hill.

Semua saham komponen S & P 500 diperdagangkan di dua bursa yaitu di New York Stock Exchange (NYSE) dan National Association of Securities Dealers Automated Quotations (NASDAQ). Indeks ini terrdiri dari 500 saham sebagai berikut : 400 saham perusahaan berbasis industri, 40 saham perusahaan utilitas, 40 saham perusahaan keuangan dan 20 saham perusahaan transportasi.

Sumber Gambar: thestars.com.my

Share This

Artikel Terkait Lainnya