ForexSignal88.com l Jakarta, 23/10/2017

Nikkei 225

Saat ini, ekonomi Jepang adalah kekuatan ekonomi terbesar kedua di dunia, dimana sangat berpengaruh terhadap perputaran ekonomi dunia. Meskipun masih terus ditempel dengan ketat oleh pesatnya kemajuan ekonomi China. Indeks Nikkei 225 adalah indeks yang paling diperhatikan oleh investor-investor saham di Asia.

Nikkei 225 adalah indeks saham utama, yang terdiri dari 225 buah saham unggulan / blue chip dari 225 perusahaan terkemuka di Jepang, yang terdaftar dan yang paling aktif diperdagangkan di Bursa Efek Tokyo – Tokyo Stock Exchange (TSE).

Nikkei 225 merupakan indeks harga rata-rata (unit dalam yen), berdasarkan pada harga / nilai nominal saham masing-masing, digunakan sebagai indikator pergerakan harga saham, indikator utama dan terbaik hingga sekarang bagi perekonomian Jepang.

Selain menetapkan prioritasnya di Asia, indeks Nikkei juga telah berkembang menjadi salah-satu Indeks Saham Berjangka terbesar di dunia, yang diperkenalkan dan diperdagangkan pertama kali di bursa Jepang pada 1 Mei 1949, dengan nilai indeks awal sebesar 176,21 yen. Dikarenakan pesatnya pertumbuhan ekonomi Jepang pasca perang dunia kedua, maka Indeks Nikkei banyak diminati di pasar-pasar berjangka dunia.

Nikkei 225, yang dulunya bernama Nikkei Stock Average, dimiliki oleh sebuah perusahaan yang bergerak di bidang publikasi informasi, yaitu surat kabar Nihon Keizai Shimbun, Inc. (Nikkei), yang cukup disegani, yang berdiri sejak 1876, dengan oplah terbesar di dunia. Indeks Nikkei 225 dihitung setiap hari oleh Nihon Keizai Shimbun sejak 7 September 1950.

Nikkei tidak sepenuhnya mirip Dow Jones, Nikkei 225 dirancang untuk mencerminkan pasar Jepang secara keseluruhan, dimana tidak ada bobot industri yang spesifik. Stock split, kepindahan dan penambahan unsur, adalah dampak atas bobot efektif dari saham individu dan saham pembagi.

Metode penghitungannya menggunakan Weighted Averaged Method, seperti metode penghitungan Dow Jones Indeks, yang telah digunakan sejak 1950. Pergerakan Nikkei 225 juga berkorelasi kuat dengan pergerakan indeks saham National Association of Securities Dealers Automated Quotation (NASDAQ)

Kospi

Kospi 200 (Hanguk jonghap juga jisu) merupakan indeks utama di Korea yang terdiri dari 200 perusahaan besar yang mewakili kurang lebih 70% dari keseluruhan nilai kapitalisasi pasar saham yang terdaftar di Korea Stock Exchange sebagai indikator yang mencerminkan kondisi perekonomian Korea.

Kospi 200 mempunyai banyak kesamaan spesifikasi kontrak berjangka dengan Nikkei 225, misalnya satuan kontrak, jumlah komponen dan bulan kontrak yaitu Maret, Juni, September, Desember. Namun karakter pergerakannya mirip dengan Hangseng karena metode perhitungannya menggunakan market capitalization weighted serta dominasi dari komponen yang mempunyai jumlah relatif jauh lebih besar daripada komponen lainnya.

Berbeda dengan Hangseng dan Nikkei, Kospi 200 lebih terpengaruh oleh pasar bursa Asia dibandingkan dengan pasar bursa Amerika. Biasanya pergerakannya mengikuti pergerakan Hangseng. Perusahaan yang sahamnya mempunyai pengaruh besar terhadap fluktuasi indeks Kospi adalah Samsung Electronics.

Sumber Gambar: theguardian.com

Share This

Artikel Terkait Lainnya