ForexSignal88.com l Jakarta, 23/10/2017 – Index Hang Seng merupakan salah-satu stock index (stodex) Asia yang paling terkenal di seluruh Asia, yang merupakan sebuah standar index (harga rata-rata) saham di bursa saham / pasar modal Hong Kong, digunakan oleh hampir semua financial / fund manager di Asia sebagai standar perdagangan.HSI adalah sebuah free-float yang dihitung dengan menggunakan metode “Kapitalisasi Pasar Tertimbang Bebas – Disesuaikan”. Digunakan untuk memonitor naik / turunnya index dan mencatat perubahan harian dari perusahaan-perusahaan terbesar di pasar modal, dan merupakan indikator utama untuk performa kinerja dari keseluruhan pasar / saham-saham yang diperdagangkan di Hong Kong. Lisensinya dimiliki oleh HSI Service Limited, yang merupakan subsidiary dari Hang Seng Bank, yang mengatur berdasarkan kapitalisasi pasar

Hang Seng Bank Limited adalah bank terbesar kedua yang terdaftar di Hong Kong, salah satu dari saham constituent-nya HSI. Tetapi mayoritas dari ekuitas bunganya, yakni 62,14 % dimiliki oleh Grup HSBC, melalui The Hongkong and Shanghai Banking Corporation (HSBC).

Index Hang Seng dimulai pada 24 November 1969. Dan Saat ini sudah terdiri dari 43 saham utama (blue chip) dari 43 perusahaan utama dengan modal kuat. Constituent terbaru yang telah bergabung ke dalam “Hang Seng Family of Indexes” adalah “China Res Land”, yang digolongkan ke dalam sub-index properties pada periode Desember 2009. Tiap jenis saham mempunyai pengaruh yang proporsional secara langsung pada pergerakan index, tergantung pada nilainya di pasar. Saham dengan modal kuat akan mempunyai dampak yang lebih besar dibandingkan saham dengan modal kecil, dan menguasai sekitar 70% dari total kapitalisasi / pasar modal dari semua saham, yang terdaftar di Bursa Saham – The Stock Exchange of Hong Kong Ltd. (SEHK), yang digolongkan ke dalam bidang usaha seperti; financial, properti, industri, niaga dan sub-index.

Dalam pengklasifikasiannya, pasar modal Hong Kong menggunakan Hang Seng Industry Classification System, yang merupakan sebuah sistem komprehensif yang didisain khusus untuk pasar modal Hong Kong oleh HSI Services Limited. Dengan sistem ini, karakteristik unik dari pasar modal Hong Kong dapat terlihat dan dapat mempertahankan kompatibilitas internasional dengan sebuah sistem klasifikasi pemetaan industri internasional.

Sumber Gambar: retailnews.asia

Share This

Artikel Terkait Lainnya