ForexSignal88.com l Jakarta, 13/10/2017 – Nilai Indeks dapat diartikan sebagai nilai rata – rata dari sekumpulan nilai. Dalam hal indeks bursa, maka nilai indeks adalah nilai rata – rata dari sekumpulan harga saham yang terdaftar dalam satu bursa yang menjadi indikator kinerja rata – rata saham perusahaan di bursa itu.

Nilai indeks bursa juga bisa menjadi indikator kinerja ekonomi suatu negara. Terutama bursa tersebut adalah bursa utama di negara tersebut. Walaupun sekarang ini, masih banyak yang memperdebatkan bahwa nilai indeks bursa bisa menjadi patokan kinerja ekonomi suatu negara.

Berikut ini adalah macam indeks di Indonesia:

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)

IHSG diperkenalkan pertama kali pada tanggal 1 April 1983. Tujuannya adalah memberikan informasi tentang pergerakan harga saham yang mencakup seluruh saham biasa dan saham preferen yang berlaku di pasar modal. Nilai dasar yang digunakan dalam perhitungan indeks adalah 10 Agustus 1982 dengan dasar perhitungan pembobotan (weighted average). Sampai saat ini, IHSG masih dianggap sebagai indikator perkembangan saham utama dalam Pasar Modal Indonesia selayaknya Nikkei di Jepang, Hangseng di Hongkong dan Dow Jones atau S & P 500 di Amerika Serikat.

Liquidity 45 (LQ 45)

LQ 45 mulai diperkenalkan kepada publik sejak 13 Juli 1994. Indeks ini memuat 45 saham terpilih dengan likuiditas dan kapitalisasi saham pasar yang tinggi. Untuk menjadi bagian dari indeks tersebut sebuah saham harus memenuhi beberapa kriteria seperti

  1. Merupakan rangking 60 besar total transaksi saham di pasar reguler
  2. Telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia paling tidak 3 bulan
  3. Memiliki kinerja keuangan, prospek pertumbuhan yang baik.

Komposisi indeks ini dapat berubah setiap 6 bulannya. Sebagai contoh pada periode Februari – Juli 2000, BEI melakukan perubahan komposisi saham LQ 45 dengan memasukkan 6 saham baru sebagai pengganti saham lama yang dianggap sudah tidak layak lagi menjadi bagian dari indeks tersebut. Saham saham yang secara reguler selalu masuk sebagai contoh adalah Astra Agro Lestari (AALI), Aneka Tambang (ANTM), Astra Internasional (ASII), Bank Negara Indonesia (BBNI).

(bersambung)

Sumber Gambar: moslemforall.com

Share This

Artikel Terkait Lainnya