ForexSignal88.com l Jakarta, 13/10/2017 – Berjual beli warrant tentu membutuhkan pertimbangan yang kuat. Seberapa besar untung dan seberapa besar rugi dalam berinvestasi di warrant. Semisal sebuah waran PT. Z memiliki exercise price sebesar Rp 1.000 dan harga waran Z tersebut saat ini di Bursa adalah Rp 100. Waran Z ini memiliki jatuh tempo 6 bulan yang akan datang. Misalkan harga saham PT. Z di Bursa saat ini menjadi Rp 1.100 per lembar, artinya jika Anda memiliki waran PT. Z dengan harga premi Rp 100, sebetulnya Anda menguasai saham yang harganya berlipat ganda (Rp 1.100). Nah inilah karakter penting dari sebuah waran alias call options (hak untuk membeli aset), yaitu adanya “power of leverage” yang melekat pada sebuah waran.

Lalu misalkan enam bulan kemudian saat waran PT. Z jatuh tempo, harga saham PT. Z melejit ke level Rp.1700 per lembar, tentunya Anda akan menggunakan hak Anda karena Anda dapat memebli saham PT. Z diharga Rp 1.000 (exercise price) per lembar dan menjualnya lagi dibursa dengan harga Rp 1.700. Diatas kertas, Anda akan mendapatkan keuntungan sebesar Rp 600 [Rp 1.700 – Rp 1.000 – Rp 100(premi)] per lembar saham yang sama dengan tingkat keuntungan sebesar 600% (Rp 600/100 x 100%). Semakin tinggi harga saham di Bursa saat waran jatuh tempo akan semakin besar keuntungan yang bisa Anda peroleh.

Tetapi jika ternyata saat waran jatuh tempo, harga saham PT. Z di Bursa turun menjadi Rp 500, tentunya dalam situasi seperti ini Anda tidak menggunakan hak Anda untuk membeli saham PT. Z seharga Rp 1.000 dan Anda hanya ketiban rugi sebesar Rp 100 (premi yang telah dibayarkan di awala untuk membeli waran).

Sehingga dari contoh perubahan harga ini, potensi untung rugi pada sebuah waran tidaklah semetris seperti pada kontrak berjangka. Potensi yang tidak simetris ini juga merupakan karakteristik penting dari sebuah waran. Ada potensi keuntungan yang tidak terbatas tapi potensi kerugian akan menjadi terbatas yaitu hanya sebesar premi waran diawal investasi.

Sumber Gambar: cfoviet.com

Share This

Artikel Terkait Lainnya