ForexSignal88.com l Jakarta, 13/10/2017 – Right, secara sederhana bisa diartikan sebagai hak yang diberikan kepada pemegang saham untuk membeli saham baru yang dikeluarkan oleh perusahaan dengan harga yang telah ditentukan. Bukti right atau yang biasa juga dikenal dengan bukti hak memesan efek terlebih dahulu. Right memiliki hak yang melekat pada saham yang memungkinkan para pemegang saham untuk membeli saham baru yang akan diterbitkan oleh perusahaan sebelum saham - saham tersebut ditawarkan kepada pihak lain. Yang mengeluarkan bukti right adalah perusahaan yang telah mencatat sahamnya di bursa.

Cara membeli bukti right sama dengan cara membeli saham dan obligasi dan harga bukti right ditetapkan berdasarkan hasil tawar menawar di papan transaksi. Keuntungan yang diperoleh dalam membeli bukti right adalah berupa hak mendapatkan saham baru dan capital gain apabila dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi dari pada harga perolehannya. Karena perdagangan bukti right sifatnya adalah tunai, maka setelah mengadakan transaksi bukti right sebagai pembeli, harus membayar harga bukti right dan penjual akan menyerahkan sertifikat bukti right.

Mirip dengan warrant, right juga merupakan hak untuk membeli saham pada harga tertentu pada waktu yang telah ditetapkan. Right diberikan pada pemegang saham lama yang berhak untuk mendapatkan tambahan saham baru yang dikeluarkan perusahaan pada penerbitan saham berikutnya. Bedanya dengan warrant yaitu masa perdagangan right sangat singkat, berkisar antara 1-2 minggu saja. Contoh: ANTAM mengeluarkan saham baru lewat mekanisme Right Issue atau disebut juga second offering untuk mengembangkan usahanya. Setiap pemilik saham lama berhak mendapat 2 saham baru dengan harga exercise Rp 950. Hak untuk membeli saham baru inilah yang dinamakan Right.

Jika pemegang saham lama tidak mau membeli tambahan saham baru tadi, ia bisa menjual sebagian atau semua Right yang ia miliki di pasar pada periode diperdagangkan. Jika memang mau menambah kepemilikannya, maka ia bisa mendapatkan saham baru Metrodata pada harga Rp 950. Harga warrant dan right yang wajar adalah harga pasar saham dikurangi harga exercise. Jika harga pasar warrant atau right lebih besar dari harga wajarnya, berarti ada premium yang dibayarkan.

Sumber Gambar: slideshare.net

Share This

Artikel Terkait Lainnya