ForexSignal88.com l Jakarta, 13/10/2017 – Option atau opsi adalah salah satu produk derivatif atau turunan sektor keuangan yang berupa kontrak yang dijual oleh satu pihak (penulis opsi) ke pihak lain (pemegang opsi). Kontrak tersebut memberikan pembeli sebuah hak, namun bukan kewajiban, untuk membeli (call) atau menjual (put) suatu aset keuangan lainnya dengan harga yang disepakati (harga strike) selama periode waktu tertentu atau pada periode tertentu. tanggal (tanggal exercise). Atau sederhanya, pengertian option adalah kontrak resmi yang memberikan Hak (tanpa adanya kewajiban) untuk membeli atau menjual sebuah asset pada harga tertentu dan dalam jangka waktu tertentu.

Di Indonesia dikenal Kontrak Opsi Saham, sebenarnya adalah hak pemegang opsi untuk menjual (put option) atau membeli saham pada harga tertentu (call option). Membeli option, bukan berarti membeli langsung sahamnya, tetapi hanya membeli hak untuk membeli dan menjual saham pada harga tertentu.

Option harus menyebutkan secara spesifik harga exercise (harga kesepakatan untuk menjual/membeli saham apapun kondisi pasarnya), jangka waktu berlakunya option (expiry date misalnya akhir Agustus 2018), sifat option itu (apakah option buy atau option sell) dan stock/saham yang disepakati (ini option untuk beli saham apa) Karena sifatnya yang mempunyai expiry date itu, option mempunyai time value of money, artinya semakin dekat dengan expiry date dia semakin murah.

Option bisa dipergunakan sebagai sarana hedging (sarana lindung nilai yang berlaku seperti asuransi atas harga saham yang dimiliki). Jadi dengan memiliki put option, berapapun kejatuhan harga saham di bursa, ada saja orang yang bersedia membeli saham kita pada harga yang sudah disepakati dan sayangnya banyak yang memakai untuk sarana spekulasi.

Options memiliki dua tipe yaitu Call options dan Put Options

Call Options adalah kontrak resmi yang memberikan Hak untuk membeli sebuah asset pada harga tertentu dan dalam jangka waktu tertentu.

Put options adalah kontrak resmi yang memberikan Hak untuk menjual sebuah asset pada harga tertentu dan dalam jangka waktu tertentu. (kebalikan dari Call Option).

Jika Anda tertarik dengan Options maka Anda harus mempelajari strategi options agar investasi Anda menguntungkan. Sebaiknya digunakan bukan untuk spekulasi semata tetapi dipasangkan sebagai sarana hedging.

Sumber Gambar: picktochart.com

Share This

Artikel Terkait Lainnya