ForexSignal88.com l Jakarta, 13/10/2017 – Perdagangan Berjangka atau Futures Trading adalah salah-satu alternative Berinvestasi. Ada banyak manfaat dari bertransaksi kontrak berjangka yaitu bertransaksi 2 arah/ jual-beli yang dapat dilakukan pada saat yang sama, pada hari itu juga, pada jam itu juga, bahkan pada menit itu juga! Itu adalah jangka pendeknya. Untuk yang jangka panjang juga tidak kalah menarik dalam meyakini kemungkinan untuk dapat memanen keuntungan besar, biasanya rentang waktunya antara 4 – 6 bulan, untuk itu dibutuhkan analisa yang lebih mendalam.

Perdagangan berjangka sebenarnya sudah lama dikenal di dunia. Tokoh investor futures trading yang paling terkenal di jaman sekarang ini adalah George Soros.

Bisnis perdagangan berjangka ini memang tergolong masih muda di Indonesia, baru dikenal pada tahun 1970-an dan baru diresmikan oleh pemerintah pada tahun 2000. Jadi resminya baru berjalan 17 tahun.

Di Amerika Serikat peraturannya sangatlah ketat, tidak sembarang orang bisa jadi investor di perdagangan berjangka, tidak asal punya uang, namun ada syarat-syarat tertentu lagi.

Beberapa orang menganggap perdagangan berjangka itu judi. Bukan, perdagangan berjangka bukanlah judi, karena perdagangan berjangka adalah sebuah alternative bisnis yang membutuhkan analisa pergerakan pasar, yakni analisa; fundamental, teknikal dan psikologis.

Analisa Fundamental digunakan untuk jangka panjang, seperti pergerakan global dunia, perkembangan dan dinamika suatu Negara, kebijakan ekonomi, statement politik, pergerakan besar dari 3 besar penggerak ekonomi dunia (mata uang, minyak dan emas) dan lain-lain.

Analisa Teknikal adalah analisa pergerakan harga di pasar yang digambarkan dengan grafik secara online. Mempelajari karakter dari grafik tersebut melalui historinya.

Psikologis adalah untuk diri sendiri, analisa yang lebih pada kesiapan, kemantaban dan keberanian kita untuk mengambil keputusan.

Bursa berjangka adalah tempat/fasilitas memperjual belikan kontrak atas sejumlah komoditi atau instrumen keuangan dengan harga tertentu yang penyerahan barangnya disepakati akan dilakukan pada masa yang akan datang. Kontrak adalah mengikat pada saat terjadinya kesepakatan antara pembeli dan penjual. Tidak ada pasar sekunder untuk kontrak dalam perdagangan berjangka. Semua kontrak adalah kontrak primer dan setiap kontrak (dengan subjek kontrak tertentu) yang terjadi (dibuka) harus didaftarkan pada otoritas bursa setempat, jadi kontrak diciptakan di bursa.

Sudah siap Berinvestasi di perdagangan berjangka?

Sumber Gambar: managedfuturesinvesting.com

Share This

Artikel Terkait Lainnya