ForexSignal88.com l Jakarta, 09/10/2017 – Bursa komoditi merupakan tempat pertemuan antara permintaan dan penawaran produk komoditas dan derivatifnya. Bursa Komoditi juga sering disebut sebagai bursa berjangka Komoditi dan di Indonesia dikenal dengan namanya Bursa Berjangka Jakarta.

Pihak penjual dan pihak pembeli produk komoditas bertemu di bursa tersebut. Selain pembeli dan penjual, ada juga pedagang perantara yang dikenal dengan komisioner (pedagang) dan makelar (broker). Pedagang diperbolehkan mengambil posisi sendiri, sedangkan broker tidak dapat memegang posisi sendiri.

Produk komoditi yang umumnya ditransaksikan di dalam bursa komoditi adalah kopi, kakao, gula, kedelai, jagung, tembaga, kapas, lada, gandum, dan CPO (crude palm oil, minyak sawit mentah), katun, susu, logam (emas, perak, nikel) dan juga kontrak berjangka yang menggunakan komoditi sebagai aset acuannya. Kontrak berjangka ini mencakup harga spot, kontrak serah, kontrak berjangka dan opsi berjangka ataupun suku bunga, instrumen lingkungan hidup, swap, ataupun kontrak derivatif pengangkutan. Di Indonesia, melalui bursa berjangka Jakarta (BBJ), produk fisik yang ditransaksikan adalah CPO, karet, kopi, teh, batubara dan kakao. Sedangkan kontrak berjangka mencakup kontrak berjangka emas (dengan berbagai varian), kontrak gulir emas (dengan beberapa varian), kontrak berjangka olein, kakao, kopi arabika dan robusta. Ditambah lagi kontrak derivatif mata uang, indeks, Komoditi dan saham tunggal (CFD).

Bursa komoditi biasanya memperdagangkan kontrak berjangka atas Komoditi dan ini dapat dimanfaatkan oleh seorang petani. Sebagai contoh, seorang petani yang memiliki kebun jagung dapat menjual kontrak berjangka jagung yang baru akan dipanennya beberapa bulan kemudian dan mendapatkan jaminan harga yang akan diterimanya kelak pada saat barang akan diserahkan setelah panen dilakukan; dan seorang produsen makanan ringan serealia dapat membeli kontrak tersebut saat ini dan mendapatkan jaminan bahwa harga tidak akan naik pada waktu barang dikirimkan kelak. Hal ini akan melindungi petani dari kejatuhan harga dan melindungi pula pembeli dari kenaikan harga. Spekulator juga melakukan pembelian dan penjualan kontrak berjangka untuk mendapatkan keuntungan dan menyediakan likuiditas terhadap sistem perdagangan berjangka.

Di berbagai negara, bursa Komoditi ini memang dibutuhkan untuk melakukan perdagangan kontrak Komoditi dan di antaranya adalah:

  • London Commodity Exchange yang sekarang bernama Euronext LIFFE
  • New York Board of Trade (NYBOT)
  • Chicago Board of Trade yang sekarang sudah disatukan dengan CME
  • Winnipeg Commodity Exchange
  • London Metal Exchange
  • Chicago Mercantile Exchange
  • Multi Commodity Exchange of India
  • Bursa Berjangka Jakarta (Jakarta Futures Exchange-JFX)

Sumber Gambar: neraca.co.id

Share This

Artikel Terkait Lainnya