ForexSignal88.com l Jakarta, 04/10/2017 – Setiap orang akan bertambah usia dan dalam hal ini akan mendekati usia pensiun. Nah, selagi masih muda di mana Anda masih bisa produktif bekerja, tentu saja ada batasnya, Anda harus mempersiapkan sesuatu di usia pensiun Anda. Suatu hari Anda akan menjadi tidak dapat lagi produktif.

Dana pensiun merupakan dana yang harus disiapkan dengan serius. Boleh saja Anda mengharapkan anak Anda akan membiayai hidup tua kita, tapi sangat lebih baik jika Anda mampu mandiri.

Ketika membahas dana pensiun, Anda sudah merencanakannya? Ada baiknya dimulai dari sekarang. Semua orang mempunyai rencananya sendiri-sendiri, tapi sesuai yang dikatakan oleh para ahli, ada baiknya persiapkanlah dana pensiun ketika masih jauh dari masa pensiun, hal ini lebih baik dan memperkecil risiko.

Ada banyak Cara mempersiapkan dana pensiun, bisa kamu lakukan secara mandiri atau Anda bisa juga memanfaatkan lembaga keuangan. Jika Anda merupakan PNS atau pegawai swasta dari perusahaan yang menyediakan jaminan sosial, seharusnya dana pensiun sudah terbentuk karena dana pensiun merupakan kewajiban Negara dan perusahaan yang memberikan pekerjaan.

Anda bisa mempersiapkan pensiun secara mandiri dengan cara di antaranya adalah dengan menabung, investasi dan melakukan kegiatan usaha. Jika diatur secara tepat, semua cara di atas bisa mengatasi permasalahan keuangan kamu di masa pensiun kelak.

Menabung

Bedakan antara menabung untuk tujuan tertentu (misalkan untuk membeli mobil, rumah, dll) dengan menabung mempersiapkan dana pensiun, buatlah tabungan khusus untuk dana pensiun, dan jangan disentuh sebelum masa pensiun tiba. Dengan menabung sebesar 3%-10% dari gaji tiap bulan, dana pensiun Anda sudah bisa terbentuk dengan baik.

Investasi

Anda bisa menanamkan uang dalam bentuk investasi. Hasil dari investasi yang Anda lakukan juga bisa dijadikan sebagai dana pensiun. Hanya saja, tentu risiko kegagalan investasi juga ada. Untuk mempersiapkan dana pensiun, sebaiknya pilihlah investasi jangka panjang yang relative lebih stabil daripada investasi jangka pendek. Juga, jangan mudah tergiur dengan investasi yang menawarkan risiko rendah namun hasilnya besar. Sebab ada teori “semakin besar return, semakin besar pula risiko” atau High risk High Return.

Melakukan Kegiatan Usaha

Jika Anda memiliki bakat dan hobi usaha, membuka usaha sendiri bisa jadi mengasyikkan untuk menghabiskan masa tua. Dengan melakukan kegiatan usaha, dana akan diputar untuk usaha dan berpotensi menghasilkan return yang tinggi. Sebaiknya jangan memulai usaha ketika sudah masuk usia pensiun, tetapi sejak jauh dari usia pensiun, mulailah melakukan kegiatan usaha.

Sumber Gambar: zahiraccounting.com

Share This

Artikel Terkait Lainnya