ForexSignal88.com l Jakarta, 04/10/2017 – Bagi sebagian banyak orang mengatur keuangan menjadi hal yang sulit. Terutama bagi mereka yang masih di usia muda. Berbagai sumber pendapatan tidaklah harus menjadi kegiatan pengeluaran karena sebagiannya haruslah ditabung untuk kepentingan di masa depan. Sayangnya, terkadang pendapatan yang kita peroleh habis dipertengahan bulan. Apalagi jika pendapatan yang pas-pasan, akan menjadi sulit sekali menabung. Namun secara umum bukan ini yang menjadi sumber permasalahan utama kebanyakan orang tidak bisa menabung. Karena semakin tinggi pendapatan maka semakin banyak pula keinginannya.

Berikut cara cerdas menyisihkan uang untuk ditabung:

Tujuan Menabung Yang Jelas

Anda harus menetapkan tujuan Anda menabung. Semisal untuk modal usaha, menikah, membeli rumah atau mobil, pedidikan dan tujuan lainnya yang Anda inginkan. Tujuan ini merupakan hal yang sangat sederhana namun memiliki peran yang begitu besar, jadi pastikan Anda tidak meremehkannya.

Tentukan Jumlah Uang Yang Akan Ditabung

Kemudian Anda menetapkan jumlah uang yang harus ditabung setiap bulannya. Masukkan dalam pos pengeluaran Anda, seperti halnya pengeluaran rutin namun uang itu ditaruh di dalam rekening tabungan milik Anda.

Langsung Sisihkan Uang Anda Ketika Baru Diterima

Anda harus bisa menahan diri melakukan belanja atau pengeluaran ketika Anda sedang menerima atau memegang uang tunai. Sebaiknya Anda langsung menyisihkan uang tersebut ketika baru diterima.

Buatlah Rekening Khusus

Membuat rekening bank khusus menabung (tanpa diambil) adalah jalan terbaik jika itu memungkinkan. Sehingga rekening tersebut terpisah dari rekening operasional Anda.

Beberapa bank sudah menyediakan jenis tabungan ini dan biasanya dengan fitur tanpa administrasi bulanan.

Disiplin Adalah Kuncinya

Jika hal – hal diatas sudah Anda lakukan, nah ini yang menjadi hal terberat bagi kebanyakan orang. Yaitu disiplin. Karena tanpa disiplin semua hal yang Anda rencanakan akan menjadi sia – sia.

Ada banyak jenis pengeluaran yang akan menggoda Anda. Seperti beli pulsa, baju baru, makan di luar, nonton, travelling, dan kebutuhan-kebutuhan lainnya. Pengeluaran yang kecil – kecil ini biasanya berada di luar rencana pos pengeluaran Anda dan tidak terasa menghabiskan uang dan hanya menyisihkan sebagian kecil uang untuk ditabung.

Sumber Gambar: pinteraktif.com

Share This

Artikel Terkait Lainnya