ForexSignal88.com l Jakarta, 29/09/2017 – Pembelian saham bagi Investor artinya ikut memiliki perusahaan tersebut sebesar jumlah saham yang mereka pegang. Juga melakukan penawaran saham ke publik artinya bagi perusahaan adalah berbagi kepemilikan kepada publik. Dan semua itu melalui prosedur dan syarat dari BEI dan OJK. Nah, bagaimana dengan aksi korporasi terkait bursa?

Umumnya pembicaraan mengenai corporate action atau aksi korporasi terkait bursa mengacu kepada aktivitas emiten seperti stock split, Saham Bonus, Right issue, dan pembagian deviden saham.

Menurut peraturan perdagangan BEI, corporate action merupakan tindakan emiten yang memberikan hak kepada seluruh pemegang saham dari jenis dan kelas yang sama seperti hak untuk menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham, hak untuk memperoleh deviden tunai, saham deviden, saham bonus, Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu, Waran atau hak-hak lainnya.

Keputusan aksi korporasi harus disetujui dalam suatu rapat umum baik RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) atau RUPSLB (Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa). Persetujuan pemegang saham adalah mutlak untuk berlakunya suatu aksi korporasi sesuai dengan peraturan yang ada di pasar modal.

Umumnya aksi korporasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepentingan pemegang saham. Karena aksi korporasi yang dilakukan emiten akan berpengaruh terhadap jumlah saham yang beredar, komposisi kepemilikan saham, jumlah saham yang dipegang oleh pemegang saham, serta pengaruhnya terhadap pergerakan saham. Dengan demikian maka pemegang saham harus mencermati dampak atau akibat aksi korporasi tersebut sehingga pemegang saham akan mendapatkan peluang keuntungan dengan melakukan keputusan atau antisipasi yang tepat.

Bagi pemegang saham, jika suatu saham telah masuk ke dalam sistem scripless, maka secara otomatis (tanpa perlu registrasi) saham tersebut akan mendapatkan hak-hak atas aksi korporasi. Terutama saham-saham baru, saat dicatatkan sudah sepenuhnya tanpa warkat (scripless).

Kapan Transaksi Jual Beli Saham di BEI Dilakukan

Transaksi jual beli / bisnis saham di Bursa dilakukan pada hari kerja yang di sebut Hari Bursa yaitu :

   Sesi 1 : Senin – Kamis, jam 09:00-12:00 dan Jumat, jam 09:00-11:30

   Sesi 2 : Senin – Kamis, jam 13:30-16:00 dan ‏Jumat, jam 14:00-16:00

Sumber Gambar: emaze.com

Share This

Artikel Terkait Lainnya