ForexSignal88.com l Jakarta, 29/09/2017 – Bursa Efek Indonesia adalah satu-satunya bursa untuk mentransaksikan saham di Indonesia atau sering disebut sebagai pasar modal. Anda yang ingin bertransaksi saham tidaklah terkait dengan bursa langsung namun harus melalui broker atau perusahaan pialang yang menjadi anggota Bursa. Anda harus memahami betul cara transaksi di Bursa Efek Indonesia melalui perusahaan pialang ini.

Perusahaan efek ini memiliki wakilnya di Bursa Efek yang biasa disebut pialang. Pialang saham tersebutlah yang akan melakukan transaksi atas dasar order atau amanat yang Anda berikan baik untuk jual maupun untuk beli. Pialang tersebut dapat juga memberikan anjuran atau berbagai nasihat lainnya sehubungan dengan rencana investasi Anda. Atas jasanya itu maka Anda wajib membayar biaya komisi kepada pialang.

Tidak ada batasan dana dan jumlahnya untuk jual beli saham. Dalam perdagangan saham, jumlah yang diperjualbelikan adalah dalam satuan perdagangan yang disebut lot. Namun aturan minimal dana untuk disetorkan sebagai jaminan dibuat oleh masing – masing perusahaan pialang agar transaksi yang dijalankan menjadi lancar dan tidak terkendali.

Bursa Efek Indonesia memberikan arti satu lot sebagai 100 lembar saham dan inilah yang menjadi batasan minimal pembelian saham. Lalu dana yang dibutuhkan untuk bisnis transaksi saham menjadi bervariasi karena beragamnya harga saham-saham yang tercatat di Bursa.
Misalnya harga saham PT. A Rp 1.200 per lembar, maka dana minimal yang dibutuhkan untuk membeli satu lot saham perusahaan PT. A menjadi (100 lembar x Rp. 1.200) sejumlah Rp. 120.000. Sebagai ilustrasi lain, Jika harga saham GHI Rp. 2.500 per lembar maka dana minimal untuk membeli saham tersebut berarti (100 lembar x Rp. 2.500) sebesar Rp. 250.000.

Sebelum Anda melakukan dan masuk bertranksaksi saham, maka Anda diharuskan membuka rekening transaksi di perusahaan pialang tersebut seperti membuka rekening di bank. Anda bisa membuka rekening di satu atau beberapa Perusahaan Efek. Dengan pembukaan rekening tersebut maka secara resmi Anda telah tercatat sebagai nasabah dan data identitas Anda tercatat dalam pembukuan Perusahaan Efek seperti Nama, Alamat, Nomor Rekening Bank dan data-data lainnya. Bersamaan dengan pembukaan rekening ini, Anda menandatangani perjanjian dengan Perusahaan Efek yang menyangkut hak dan kewajiban kedua belah pihak.

Setelah itu, selamat bertransaksi saham di Bursa Efek Indonesia.

Sumber Gambar: gomuslim.go.id

Share This

Artikel Terkait Lainnya