ForexSignal88.com l Jakarta, 29/09/2017 – Ada banyak keuntungan atau manfaat yang bisa Anda raih jika Anda menanamkan atau menginvestasikan uang di ORI (Obligasi Ritel Indonesia). Selain investasi dijamin pemerintah melalui Undang-Undang, kepastian pembayaran kupon atau bunga atau imbal hasil tetap selama masa kontrak (minimal empat tahun) yang dibayarkan setiap bulan dan modal, ternyata surat ORI sudah dapat digadaikan di pegadaian konvensional.

Gadai ORI, Mungkinkah? Ya, mungkin saja. Caranya adalah sama dengan menggadaikan surat-surat berharga lainnya seperti saham. Anda harus membawa bukti kepemilikan ORI dari agen penjual dimana Anda membeli obligasi tersebut. Berapa yang bisa Anda peroleh dari menggadaikan ORI di pegadaian? Menurut sumber di Perum Pegadaian, Anda bisa memperoleh hingga 85% dari nilai Obligasi Anda.

Menggadai ORI, memang cara paling mudah dan cepat untuk mendapatkan uang tunai. Akan tetapi jika Anda memang berniat mengakhiri investasi sebelum masa kontrak habis, Anda bisa memutuskan untuk menjual obligasi tersebut di pasar sekunder atau pasar saham yang ada di Bursa Efek Jakarta (BEJ). Walau sebenarnya sangat sedikit pemegang ORI yang menjual kembali obligasinya di pasar sekunder. Mayoritas tetap mempertahankan ORI sampai masa kontrak berakhir. Alasannya, tidak lain karena memang lebih menguntungkan daripada tabungan, deposito, atau saham.

Menurut data yang dihimpun dari berbagai sumber, dari nilai Rp 18,3 triliun ORI 001, 002, dan 003 yang dijual pemerintah kepada masyarakat, hingga sekarang hanya sekitar Rp 140,4 miliar per hari yang diperdagangkan di pasar sekunder. Masing-masing adalah Rp 8,2 miliar dari ORI 001, Rp 38,9 miliar dari ORI 002, dan Rp 93,4 miliar dari ORI 003. Padahal setiap periode ORI pemerintah melepas obligasi mulai Rp 3 triliun (ORI 001), Rp 6 triliun (ORI 002), dan Rp 9,3 triliun (ORI 003).

Minat masyarakat dalam menyimpan ORI sebenarnya sangat tinggi dan menjadi lebih menguntungkan jika memegang ORI sampai masa kontrak berakhir dan menikmati keuntungan bunganya setiap bulan.

Jadi semua pilihan dan keputusan di tangan Anda, ingin gadai ORI sementara atau menjualnya di pasar sekunder. Yang pasti Anda harus membeli atau memiliki ORI dulu, baru berpikir ingin gadai atau jual.

Sumber Gambar: jeruklemon.id

Share This

Artikel Terkait Lainnya

 

{loadposition artikelterkait