ForexSignal88.com l Jakarta, 21/09/2017 – Perdagangan saham BEI terjadi di pasar sekunder yang merupakan pasar bagi efek yang telah dicatatkan di bursa. Pasar sekunder merupakan pasar dimana pemodal dapat melakukan transaksi jual beli efek setelah efek tersebut tercatat di bursa. Sehingga pasar sekunder merupakan kelanjutan dari pasar perdana. Di Indonesia terdapat satu bursa efek yaitu Bursa Efek Indonesia, sebagai tempat berlangsungnya perdagangan efek di pasar sekunder.

Dengan mekanisme perdagangan saham BEI, Anda harus menjadi nasabah di perusahaan pialang efek tertentu terlebih dahulu. Di BEI terdapat lebih dari 100 perusahaan pialang efek yang menjadi anggota bursa. Anda dapat memilih dan menjadi nasabah di salah satu atau beberapa perusahaan pialang efek. Pertama kali, Anda melakukan pembukaan rekening dengan mengisi pembukuan rekening di dalam dokumen, pembukaan rekening tersebut memuat identitas investor lengkap serta keterangan tentang investasi yang akan dilakukan.

Anda dapat melakukan order jual atau beli setelah disetujui untuk menjadi nasabah di perusahaan pialang efek yang bersangkutan. Umumnya Anda diwajibkan untuk mendepositkan sejumlah uang tertentu (modal) sebagai jaminan bahwa nasabah tersebut layak untuk melakukan jual beli efek. Setelah Anda memiliki rekening (akun) di salah satu perusahaan pialang efek, Anda dapat langsung bertransaksi jual beli saham melalui broker. Di BEI, saham-saham pada umumnya dijual dalam kelipatan 500 lembar, yang disebut dengan satuan LOT. Ada juga saham yang dapat dibeli satuan di bawah 500 lembar yang disebut ODD LOT. Investor kecil bisa membeli satu saham atas sejumlah kemampuan mereka tidak mesti satu lot.

Anda akan dikenakan biaya komisi oleh perusahaan pialang efek yang melaksanakan order transaksi jual beli Anda. Besarnya komisi ditentukan oleh bursa, di BEI besarnya biaya komisi tersebut setinggi-tingginya (maksimal) adalah 1% dari nilai transaksi. Besaran biaya komisi, umumnya transaksi beli dikenakan 0.3% sedangkan untuk transaksi jual dikenakan 0.4% ditambah untuk transaksi jual pemodal masih dikenakan pajak penghasilan atas penjualan saham sebesar 0.1% dari nilai transaksi.

Untuk waktu transaksi / order dapat dilakukan pada setiap jam perdagangan di BEI, yaitu :

  • v Hari Perdagangan Senin s/d Kamis
    • Ø Sesi 1 : Jam 09.30 – 12.00
    • Ø Sesi 2 : Jam 13.30 – 16.00
  • v Hari Perdagangan Jum’at
    • Ø Sesi 1 : Jam 09.30 – 11.30
    • Ø Sesi 2 : Jam 14.00 – 16.00

Sumber Gambar: jendelapasarmodal.com

Share This