ForexSignal88.com l Jakarta, 14/09/2017 – Memang benar bahwa tabungan dan deposito sama-sama produk dari suatu bank yang bisa digunakan untuk menyimpan uang, keduanya juga memiliki suku bunga. Sekilas memang mirip, tahukah Anda bahwa antara tabungan dan deposito sebenarnya tiga hal yang berbeda.

Berikut tiga perbedaan utama antara tabungan dan deposito:

Waktu Penarikan Dana

Perbedaan tabungan dan deposito yang sangat jelas adalah berkaitan dengan waktu penarikan dana. Deposito baru bisa ditarik sesuai dengan jangka waktu tertentu (1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, dan seterusnya).

Jika Anda menyimpan uang di deposito, dan ternyata ada kejadian tak terduga dan Anda ingin mengambil dana di deposito tersebut, sebenarnya Anda masih bisa mengambilnya, tapi Anda harus membayar biaya penalty dengan jumlah tertentu.

Sedangkan tabungan bebas dalam penarikannya, hari ini Anda menabung beberapa menit kemudian Anda sudah bisa mengambilnya di manapun, baik di bank langsung maupun melalui ATM-ATAM bank tersebut.

Jika Anda mempunyai dana yang tidak terpakai dalam waktu dekat, maka memilih deposito sangat baik karena memiliki bunga yang lebih besar ketimbang tabungan. Tapi jika Anda menabung hanya untuk pembayaran, belanja atau membeli sesuatu secara online maka tabungan lebih cocok dipilih.

Imbalan atau Besaran Bunga

Selain adanya jangka waktu, pembeda lainnya adalah besaran bunga. Deposito memiliki suku bunga yang lebih tinggi daripada tabungan. Suku bunga di tabungan maksimal 3% saja, dengan bunga yang hanya 3% ini bahkan untuk biaya administrasi bulanan saja sudah habis. Bandingkan dengan deposito yang memiliki suku bunga sekitar 5-7%, setidaknya masih ada sisa setelah dipotong biaya administrasi bulanan, deposito jelas lebih menguntungkan jika dana yang Anda miliki tidak terpakai dan tersimpan di bank dalam jangka waktu yang cukup lama.

Asas Kegunaan

Deposito merupakan instrument investasi seperti halnya saham, obligasi, reksa dana, dan lain sebagainya, hanya saja tentu tingkat keuntungannya tidak sebesar jika Anda Berinvestasi di saham, obligasi, reksa dana dan semacamnya. Rendahnya tingkat keuntungan tersebut sebanding lurus dengan risikonya yang rendah pula.

Sedangkan tabungan yaitu benar-benar hanya untuk menabung dan kemudian digunakan untuk membelanjakan kebutuhan hidup.

Nah itulah tiga perbedaan utama tabungan dan deposito yang wajib Anda ketahui.

Sumber Gambar: infobatang.com

Share This

Artikel Terkait Lainnya