ForexSignal88.com l Jakarta, 13/09/2017 – Berinvestasi saham dengan cara membeli saham berarti Anda berhak mengklaim kepemilikan dari perusahaan tersebut. Juga Anda berhak mengklaim kekayaan dan laba yang dimiliki oleh perusahaan. Sebagai salah satu dari pemilik, maka Anda juga memiliki hak suara untuk mengatur arah kebijakan perusahaan. Untuk mengarah ke sana tentunya Anda harus menginvestasikan sejumlah dana dengan membeli saham suatu perusahaan terlebih dahulu.

Banyaknya saham yang Anda beli menentukan seberapa besar Anda memiliki perusahaan. Semakin banyak saham yang Anda beli, maka semakin besar pula kepemilikan Anda terhadap perusahaan.

Urutan Berinvestasi saham dengan membeli saham sendiri sangat mudah yaitu:

  1. Menentukan perusahaan sekuritas sebagai broker/pialang
  2. Membuat rekening saham
  3. Memilih saham yang akan dibeli

Menentukan Perusahaan Sekuritas

Perusahaan sekuritas atau sering disebut pialang saham adalah pihak yang akan membantu Anda dalam membeli saham. Ketika Anda melakukan pembelian saham, Anda wajib untuk melibatkan suatu perusahaan sekuritas yang nantinya akan menghubungkan Anda ke dalam pasar saham (bursa efek Indonesia).

Sebelum Anda memutuskan ingin memakai jasa pialang, alangkah baiknya bandingkan terlebih dahulu mana pialang yang memberikan pelayanan dan biaya yang menurut Anda adalah yang terbaik.

Membuat Rekening Saham

Setelah Anda memilih pialang, urutan selanjutnya dalam membeli saham adalah dengan membuat rekening saham di pialang tersebut. Misalkan Anda telah memilih pialang A, maka nantinya Anda akan dimintai data diri Anda untuk dibukakan rekening saham. Prosesnya sangat mudah, Anda hanya perlu menyerahkan data diri Anda yang sebenar-benarnya dan juga menyetor sejumlah uang untuk digunakan sebagai saldo awal. Besaran saldo awal berbeda-beda tergantung dengan pialang yang Anda pilih, beberapa pialang saham hanya menentukan saldo awal sebesar lima juta saja. Sampai proses selesai, Anda hanya tinggal menunggu.

Memilih Saham

Setelah Anda memiliki sebuah rekening saham, maka sekarang Anda telah dapat memilih saham. Jika Anda tidak mahir atau takut salah dalam memilih saham, Anda dapat meminta pialang untuk memilihkan saham yang terbaik buat Anda.

Memilih saham memerlukan suatu analisis, analisis laporan keuangan perusahaan, kesehatan dan perkembangan perusahaan, butuh suatu keterampilan dan pengalaman untuk menganalisisnya.

Transaksi

Kemudian setelah Anda memilih saham, baik berdasarkan pilihan Anda sendiri atau berdasarkan nasihat pialang, kini Anda tinggal mengeksekusinya saja.

Sebuah perusahaan sekuritas/efek (pialang/broker) juga dapat mengelola investasi saham Anda.

Sumber Gambar: kabarriau.com

Share This

Artikel Terkait Lainnya