ForexSignal88.com l Jakarta, 13/09/2017 – Banyak orang yang hanya memperhatikan keuntungan ketika melakukan investasi saham namun tidak memperhatikan risiko. Sehingga investasi yang di lakukan pun bisa gagal. Sebaliknya, banyak orang pula yang hanya memperhatikan risiko saja tanpa mempertimbangkan keuntungan yang mungkin akan didapatkan ketika melakukan investasi saham. Sehingga mereka mengurungkan niat untuk Berinvestasi karena terlalu takut dengan risiko investasi. Ada baiknya Anda mengetahui keduanya, keuntungan dan risiko dalam Berinvestasi saham.

Berikut adalah beberapa keuntungan Berinvestasi saham:

Dividen dan hak kepemilikan perusahaan

Berinvestasi saham tentu saja memiliki kesempatan untuk mendapatkan dividen. Dan juga arti saham sebagai hak kepemilikan dari perusahaan yang sahamnya Anda pegang/miliki.

Dividen adalah bagian keuntungan yang kita dapatkan dari investasi saham yang kita lakukan, besarnya dividen tergantung dengan berapa persen saham perusahaan yang kita beli, semisal kita membeli 7% saham perusahaan maka ketika ada pembagian dividen, kita akan mendapatkan 7% dari dividen yang dibagikan.

Capital gain

Selain kemungkinan mendapatkan dividen, salah satu keuntungan yang didapat dari investasi saham adalah capital gain, yaitu selisih dari harga jual saham dengan harga beli saham. Jika selisihnya positif, maka Anda mendapatkan capital gain.

Biasanya investor atau trader saham yang spekulan mencari capital gain. Mereka memilih suatu saham dan berspekulasi bahwa harga akan naik dalam jangka pendek, kemudian setelah harga saham naik, mereka akan menjual sahamnya.

Mendapatkan saham bonus

Terkadang perusahaan akan membagikan saham bonus kepada para pemegang sahamnya, saham bonus ini dibagikan oleh perusahaan dari agio saham yang di terimanya.

Agio saham sendiri merupakan selisih antara harga jual dengan harga nominal (harga yang tertera di lembar saham), di mana harga jual lebih tinggi dari harga nominal.

Potensi return yang tinggi

Salah satu daya tarik dari Berinvestasi saham adalah karena saham menawarkan return (tingkat pengembalian modal) yang relatif tinggi. Tidak hanya return yang tinggi, namun saham seringkali memberikan return yang berkesinambungan pula.

Likuiditas Tinggi

Tingkat likuiditas yang tinggi artinya sangat likuid, berarti saham sangat mudah di cairkan menjadi kas (uang tunai). Hal ini juga di sebabkan oleh faktor mudahnya dalam jual-beli saham, ketika akan menjual atau membeli saham tidak memerlukan proses yang rumit.

Investasi jangka panjang

Jika Anda ingin Berinvestasi jangka panjang, saham juga cocok untuk investasi jangka panjang. Bahkan pada kenyataanya saham lebih menguntungkan jika dijadikan sebagai investasi jangka panjang. Capital gain memang cukup menguntungkan, namun tidak selamanya saham mengalami kenaikan harga dalam waktu dekat, bisa saja malah mengalami penurunan yang mengakibatkan kerugian.

Berbeda jika Anda memperlakukan saham sebagai investasi jangka panjang, selain mendapatkan dividen, jika Anda ingin menjualnya suatu saat nanti, Anda hanya tinggal menunggu waktu yang tepat untuk menjualnya.

Kemudahan monitoring

Anda mendapat kemudahan dalam monitoring saham yang Anda miliki. Yaitu melalui media-media yang menyediakan informasi seputar pergerakan harga saham, baik media cetak maupun media digital. Atau dari pihak pialang pun sudah menyediakan media monitoring tersebut.

Sumber Gambar: jutiagroup.com

Share This

Artikel Terkait Lainnya