ForexSignal88.com l Jakarta, 13/09/2017 – Terdapat tiga pengelompokan yang dapat membedakan jenis-jenis saham, yaitu saham berdasarkan dari hak tagih (klaim), cara peralihan, dan kinerja perdagangan.

Berdasarkan hak tagih (klaim)

Saham berdasarkan hak tagih atau klaim dapat dibedakan menjadi dua, yaitu saham sebagai saham biasa dan saham sebagai saham preferen.

Saham biasa (common stock), pemegang saham ini tidak dijamin akan menerima dividen (pendapatan atas penyertaan saham) dan atau pembagian aktiva bila perusahaan bangkrut atau dilikuidasi. Namun, pemegang saham dapat mengendalikan manajemen perusahaan karena pemegang saham biasa memiliki hak suara dalam rapat umum pemegang saham (RUPS).

Saham preferen adalah jenis saham yang menjamin pemegangnya untuk mendapatkan dividen, prioritas keuntungan adalah di tangan pemegang saham preferen ini, jika pemegang saham preferen belum mendapatkan dividen maka pemegang saham biasa tidak akan mendapatkan dividen pula. Namun, pemegang saham preferen tidak memiliki hak suara dalam rapat umum pemegang saham sehingga tidak dapat mengatur perusahaan atau mengendalikan manajemen perusahaan.

Adapun karakteristik yang melekat pada saham preferen diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Saham preferen kumulatif, jika dalam suatu tahun dividen tidak dibayarkan maka untuk tahun selanjutnya dividen yang akan dibayarkan dikumulatifkan dengan dividen yang seharusnya dibayarkan pada tahun sebelumnya.
  • Saham preferen partisipasi, jika saham preferen dengan tingkat 6% dan berpartisipasi penuh maka akan menerima tidak hanya pengembalian 6%, namun juga pengembalian dividen pada tingkat yang sama seperti yang dibayarkan kepada pemegang saham biasa jika jumlah yang melebihi 6% dari nilai pari saham atau nilai ditetapkan dibayarkan kepada pemegang saham biasa.
  • Saham preferen konvertibel, pemegang saham preferen memiliki pilihan untuk menukarkan saham preferen yang dipegangnya menjadi saham biasa.
  • Saham preferen yang dapat ditarik, perusahaan penerbit saham dapat menarik kembali saham preferen yang beredar pada suatu tanggal tertentu dimasa yang akan datang dengan harga yang telah ditentukan.

Dari penjelasan di atas, Anda ingin pilih saham biasa atau saham preferen?

Sebagai gambaran, saham preferen memang memiliki keunggulan yang menggiurkan, namun juga memiliki kelemahan yang fatal yaitu tidak memiliki hak suara di rapat umum pemegang saham sehingga tidak memiliki kuasa untuk mengelola, mengatur, dan mengendalikan perusahaan. Jika dalam RUPS tidak menyetujui adanya pembagian dividen maka pemegang saham preferen pada akhirnya juga tidak mendapatkan dividen.

Berbeda dengan pemegang saham biasa, walaupun pembayaran dividen kepada mereka tidak diprioritaskan, tapi mereka bertindak sebagai bos yang sebenar-benarnya, mereka berhak melakukan apa saja dengan perusahaan yang dimilikinya tersebut, sebagian orang menganggap bahwa hal ini menjadi daya tarik yang sangat besar. Walaupun saham preferen memiliki sifat kumulatif, namun hal ini dapat diakali oleh pemegang saham biasa dengan membagikan dividen yang kecil.

(bersambung)

Sumber Gambar: slideshare.net

Share This

Artikel Terkait Lainnya