ForexSignal88.com l Jakarta, 12/09/2017 – Saham merupakan bentuk investasi yang sangat pupuler di masyarakat, namun begitu tidak sedikit masyarakat yang masih enggan Berinvestasi di saham. Harga saham selalu berubah-ubah pada sesi perdagangan bursa. Perubahan harga ini dikarenakan oleh banyak hal seperti kondisi ekonomi dan kondisi keuangan perusahaan. Oleh sebab itu investasi saham jangka pendek lebih beresiko daripada investasi saham jangka panjang.

Kebanyakan calon pembeli saham tidak menganalisis secara mendalam suatu saham milik perusahaan tertentu, mereka kebanyakan hanya mencari celah keuntungan dari fluktuasi harga saham dan menjadikan hal ini sangatlah beresiko.

Oleh karena itu, ketika Anda memutuskan ingin Berinvestasi dalam saham, Anda harus benar-benar jeli dalam memilih. Berikut tips memilih saham yang menguntungkan:

Kenali Perusahaan Yang Sahamnya Akan Anda Beli

Sebelum Anda membeli saham pada perusahaan tertentu, Anda wajib mengetahui informasi seputar perusahaan tersebut. Kenalilah produk dari perusahaan dan juga lihatlah apakah perusahaan itu sehat dan berkembang. Kemampuan Anda dalam melakukan analisis terhadap laporan keuangan atau analisis lainnya yang dianggap perlu, analisis ini memang memerlukan keahlian khusus. Jika Anda kurang menguasai hal ini, Anda dapat meminta bantuan dari broker Anda.

Pilihlah Perusahaan Yang Sering Membagikan Dividen

Dividen adalah bagian Anda atas laba perusahaan dari penanaman saham yang telah dilakukan. Jika perusahaan melakukan pembagian dividen kepada para pemegang saham, hal tersebut merupakan hal yang baik, terlebih jika pembagian dividen dilakukan secara rutin, ini mengindikasikan bahwa perusahaan bekerja dengan baik.

Dalam memilih saham yang menguntungkan yang akan Anda beli, carilah informasi perusahaan mana yang memiliki catatan pembagian dividen yang tinggi. Setelah Anda menemukan beberapa perusahaan (jangan hanya mencari 1, tapi carilah beberapa perusahaan untuk perbandingan), maka lakukanlah hal-hal yang telah disebutkan sebelumnya, yaitu kenali produk perusahaan apakah memiliki prospek yang bagus ke depannya, lakukanlah analisis yang di perlukan.

Perhatikan Kantong Anda

Dalam investasi saham tentu saja memerlukan sejumlah dana, pastikan bahwa dana yang digunakan tidak akan digunakan untuk yang lain. Untuk mengatasi masalah ini, Anda membutuhkan perencanaan keuangan yang benar-benar matang, jangan memaksakan penggunaan dana jika nantinya hanya akan merugikan. Tidak perlu terlalu yakin pula menggunakan seluruh dana Anda untuk Berinvestasi saham di suatu perusahaan, pastikan Anda memiliki cadangan dana untuk berjaga-jaga jika rencana investasi Anda gagal.

Sumber Gambar: indiatimes.com

Share This

Artikel Terkait Lainnya