ForexSignal88.com l Jakarta, 11/09/2017 – Mampu Berinvestasi merupakan keinginan banyak orang. Bagi Anda yang baru mengenal Berinvestasi dan mengetahui beberapa keuntungannya, berikut 7 kesalahan saat ingin Berinvestasi yang harus dihindari:

  1. Tidak melakukan apa-apa. Memang tidak ada jaminan bahwa pasar akan naik setelah Anda mulai berinvestasi. Tapi yang pasti , tanpa melakukan apa-apa dijamin Anda tidak akan mendapatkan masa pensiun yang menyenangkan.
  2. Telat memulai. Telat mulai merupakan dosa kedua dalam berinvestasi. Semakin awal Anda mulai, semakin baik masa depan Anda. Hal ini bisa dibuktikan melalui tabel pada sulap akumulasi
  3. Berinvestasi Sebelum Melunasi Tagihan Kartu Kredit. Investasi Anda jadi tidak berarti jika pendapatan Anda terus digerogoti bunga kartu kredit. Bunga tagihan kartu kredit luar biasa mahalnya, berkisar antara 24-36% p.a. Bayar dulu tagihan kartu kredit Anda baru berinvestasi !
  4. Investasi untuk Jangka Pendek. Sisihkan dana jangka pendek saja untuk instrumen jangka pendek. Untuk investasi di pasar modal, pastikan dana ini tidak akan Anda butuhkan setidaknya 3-5 tahun ke depan
  5. Cari aman. Kalau Anda masih sangat muda, mayoritas investasi harus di pasar modal. Karena punya waktu yang sangat panjang, investor muda punya kesempatan untuk memanfaatkan setiap koreksi tajam di pasar dan mengambil keuntungan untuk jangka panjang. Walau sejalan dengan umur Anda mungkin butuh obligasi yang memberikan pendapatan yang tetap. Saham mesti mendapat porsi mayoritas.
  6. Terlalu berspekulasi. Tidak setiap instrument investasi cocok untuk setiap orang. Anda akan coba cari jenis investasi yang cocok dengan profil psikologis investasi Anda . Walaupun Anda seorang yang super berani, tidak sepatutnya menempatkan semua uang pada satu saham yang sangat spekulatif.
  7. Terlalu sering bertransaksi. Investor yang terlalu suka trading sering terjebak dengan psikologis pasar sehingga menjual ketika harga rendah dan beli ketika harga tinggi. Selain akan menambah biaya investasi, investor yang suka trading cenderung untuk kehilangan potensi keuntungan jangka panjang.

Setelah membaca artikel ini, semoga Anda terhindar dari risiko investasi, apapun portfolio yang Anda pilih.

Sumber Gambar: howtobuyusarealestate.com

Share This

Artikel Terkait Lainnya