ForexSignal88.com l Jakarta, 11/09/2017 – Mampu Berinvestasi merupakan keinginan banyak orang. Bagi Anda yang sudah mengenal keuntungan dalam Berinvestasi, ini yang harus Anda lakukan sebelum Berinvestasi:

  1. Pastikan semua hutang terbayar, sebab hutang akan cepat berlipat ganda akibat efek akumulasi dan melilit kantung anda.
  2. Pastikan anda terproteksi dengan asuransi. Asuransi sangat penting untuk melindungi anda dan keluarga dari peristiwa tidak terduga yang bisa menghancurkan rencana keuangan, seperti biaya pengobatan, kematian sang pencari nafkah. Investasi yang direncanakan bisa berantakan akibat peristiwa yang tidak diinginkan.
  3. Siapkan dana taktis untuk keperluan mendadak.
  4. Jangan lupa sisihkan dulu buat pengeluaran rutin bulanan seperti buat makanan, transportasi, pendidikan dll.

Semakin besar dana yang anda sisihkan untuk investasi semakin baik, dengan target sekitar 10% dari pedapatan. Besar atau kecil prosentase tidak jadi masalah asalkan anda bisa berinvestasi secara rutin. Anda bisa fleksible untuk hal ini, yang penting jangan sampai investasi menyebabkan anda menghentikan kegiatan yang anda sukai seperti nonton di bioskop, atau ngajak pacar makan malam. Letakkan diri anda diatas investasi. Dan jadikan investasi aktivitas yang menyenangkan!

Sarana Investasi Jangka Pendek

  • Jasa Giro. Jasa giro merupakan produk perbankan yang memberikan bunga terendah, berkisar sekitar 3-4% p.a. Biasanya dipakai perusahaan untuk mempermudah transaksi pembayaran.
  • Tabungan layanan perbankan yang memberikan bunga diatas jasa giro, dan bisa diambil setiap saat.
  • Deposito bunganya lebih tinggi tabungan, akan tetapi mesti disimpan untuk jangka waktu tertentu. Jika dicairkan sebelum jatuh tempo biasanya dikenakan pinalti.
  • Reksadana Pasar Uang. Reksadana Pasar Uang yaitu reksadana yang berinvestasi pada pasar uang seperti Deposito, SBI dan obligasi jangka pendek. Biasanya tingkat pengembalian reksadana pasar uang lebih tinggi dari jasa giro tapi lebih rendah dari Deposito, akan tetapi bisa dicairkan setiap saat.

Sarana Investasi Jangka Panjang

  • Obligasi kadang-kadang disebut sekuritas pendapatan tetap karena memberikan pendapatan yang ‘tetap’ sebagai mana diatur ketika obligasi tersebt dikeluarkan. Obligasi banyak jenisnya dan akan dibahas lebih mendalam pada bagian Obligasi. Obligasi mirip dengan deposito cuma saja dikelurkan oleh pemerintah atau perusahaan.
  • Saham merupakan cara lain untuk memiliki bagian dari suatu unit usaha. Sebuah saham mewakili proporsi kepemillikan tertentu pada suatu perusahaan. Nilai pasar suatu saham naik dan turun mengikuti perubahan nilai perusahaan tersebut.
  • Pada reksadana, investor mengumpulkan uang untuk dikelola oleh manajer investasi , yang akan memutuskan untuk membeli saham, obligasi dan instrument lain yang dianggap layak dan memberikan tingkat pengembalian terbaik dengan resiko tertentu. Reksadana akan dibahas lebih

Sumber Gambar: ktabank.com

Share This

Artikel Terkait Lainnya