ForexSignal88.com l Jakarta, 11/09/2017 – Robert T Kiyosaki merupakan motivator yang menemukan Cashflow Quadrant, yang menjadi populer di kalangan investor, baik investor gaek maupun pemula. Di artikel lalu, sudah dibahas dasar dari cashflow quadrant namun perbedaan pokok keempat kuadran itu terangkum di seperti bawah ini:

  • E : Anda adalah pegawai yang bekerja untuk orang lain atau perusahaan.
  • S : Anda memiliki pekerjaan dan Anda terikat dengan pekerjaan itu.
  • B : Anda memiliki sistem dan orang lain bekerja untuk Anda.
  • I : Uang bekerja untuk Anda.

Sebagian besar dari kita pernah mendengar bahwa rahasia memperoleh kekayaan besar adalah:

  1. OPT – Other People’s Time (Waktu Orang Lain).
  2. OPM – Other People’s Money (Uang Orang Lain).

OPT dan OPM ditemukan di sisi kanan kuadran. Kebanyakan orang yang bekerja di sisi kuadran kiri adalah OP (Other People) yang waktu dan uangnya dipergunakan oleh mereka yang berada di sisi kuadran kanan.

Di sisi kiri, para “E” dan “S” mungkin memiliki keamanan dalam hal pekerjaan. Tapi, hanya dengan menjadi “B” atau “I” di sisi kuadran kananlah Anda akan meraih keamanan dan kemudian kebebasan finansial.

Dengan memilih bisnis di kuadran “B”, bukannya bisnis kuadran “S”, Anda akan memperoleh keuntungan jangka panjang menggunakan “waktu orang lain” atau OPT. Salah satu kelemahan menjadi “S” yang berhasil adalah: keberhasilan itu berarti harus bekerja lebih keras.

Dalam merancang bisnis di sisi kanan kuadran, sukses berarti meningkatkan sistem dan melibatkan lebih banyak orang. Dengan kata lain, kita bekerja lebih sedikit, menghasilkan uang lebih banyak, dan menikmati lebih banyak waktu luang. Di seluruh kuadran dibutuhkan kecerdasan finansial. Jika ingin beroperasi di sisi kuadran kanan, yaitu sisi “B” dan “I”, Anda harus lebih pandai daripada jika memilih diam di sisi kuadran kiri sebagai “E” dan “S”.

Untuk menjadi “B” atau “I”, Anda harus bisa mengendalikan ke arah mana cash flow Anda mengalir. Jadi, yang penting bukanlah terutama tentang berapa banyak uang yang Anda hasilkan, tapi lebih mengenai berapa banyak uang yang Anda simpan, seberapa keras uang itu bekerja untuk Anda, dan berapa banyak generasi yang bisa Anda hidupi dengan uang itu. Itulah yang disebut kecerdasan finansial.

Sumber Gambar: linkedin.com/pulse

Share This

Artikel Terkait Lainnya