ForexSignal88.com l Jakarta, 11/09/2017 – Berinvestasi sangat penting bagi Anda demi kepentingan masa depan. Jika Anda sudah memasuki usia non produktif maka Anda dapat menikmati hasil investasi yang sudah Anda tanam. Bahkan memungkinkan Anda untuk memasuki quadrant finansial freedom.

Seorang pakar International Investasi Robert Kiyosaki dalam bukunya “CASHFLOW Quadrant”, menggambarkan ada empat kuadran yang mungkin menjadi sumber penghasilan seseorang.

Huruf dalam masing-masing kuadran mewakili CASHFLOW Quadrant yaitu berbagai metode yang berlainan untuk mendapatkan uang atau penghasilan. Sebagai contoh, seorang “E” mendapat uang dengan bekerja untuk orang lain atau perusahaan. Orang-orang “S” mendapat uang dengan bekerja untuk diri sendiri. Seorang “B” memiliki usaha yang menghasilkan uang, dan “I” mendapatkan uangnya dari berbagai investasi mereka – dengan kata lain, uang menghasilkan uang yang lebih banyak.

Seorang “E” (Employee atau pegawai) bisa merupakan presiden direktur perusahaan atau tukang sapu perusahaan. Yang terpenting bukanlah apa yang mereka lakukan, tapi perjanjian mengikat yang mereka miliki dengan orang atau organisasi yang mempekerjakan mereka.

Seseorang dalam kelompok “S” (self employee) merupakan “profesional” berpendidikan tinggi yang menghabiskan waktu bertahun-tahun di bangku sekolah, seperti misalnya dokter, pengacara, dan akuntan. Juga dalam kelompok ini terdapat orang-orang yang mengambil jalur pendidikan di luar, atau aliran tradisional. Kelompok ini meliputi wiraniaga dan pemilik bisnis kecil seperti pemilik toko eceran, pemilik restoran, kontraktor, konsultan, ahli terapi, agen perjalanan, montir mobil, tukang ledeng, tukang kayu, tukang listrik, penata rambut, dan artis.

Seorang “B” (business owner) merupakan kebalikan dari “S.” Mereka senang dikelilingi oleh orang-orang pandai dari keempat kategori. Tidak seperti “S” yang tak suka mendelegasikan pekerjaan, seorang “B” lebih suka mendelegasikan pekerjaan.

Perbedaan utama antara “S” dan “B” adalah, seorang “S” memiliki sebuah pekerjaan sedangkan seorang “B” memiliki sebuah sistem dan kemudian menyewa orang-orang yang berkompeten untuk menjalankan sistem itu. Sebagai contoh, sangat banyak orang yang bisa membuat burger lebih enak dari McDonald’s, tapi hanya McDonald’s yang mempunyai sistem yang telah menyajikan miliaran burger. “I” (investor) membuat uang dengan uang. Mereka tak perlu bekerja karena uang mereka bekerja untuk mereka. Kuadran “I” adalah arena bermain golongan kaya. Di kuadran manapun orang menghasilkan uang, jika berharap suatu hari akan kaya, mereka pada akhirnya harus memasuki kuadran “I”. Di dalam kuadran “I” inilah uang diubah menjadi kekayaan.

Itulah CASHFLOW Quadrant, yang sebenarnya hanya memaparkan perbedaan tentang cara memproleh penghasilan, entah itu sebagai “E” (pegawai), “S” (profesional), “B” (pemilik usaha), atau “I” (penanam modal).

Sumber Gambar: wealthmissionpossible.com

Share This

Artikel Terkait Lainnya