ForexSignal88.com l Jakarta, 11/09/2017 – Dalam UU RI No. 8 tahun 1995 tentang Pasar Modal disebutkan bahwa obligasi merupakan salah satu jenis efek (surat berharga), dan dalam memperdagangkan obligasi, transaksinya tidak bisa dilakukan secara sembarangan, tapi harus melalui sebuah lembaga dalam hal ini lembaga tempat jual-beli efek adalah BEI (Bursa Efek Indonesia).

Karena sifatnya yang bisa diperjualbelikan, maka setelah melakukan pembelian obligasi, seorang investor dapat menjual obligasinya kembali di bursa efek Indonesia, sehingga investor tersebut tidak lagi berhak atas kupon atau pengembalian pokok obligasinya setelah menjualnya.

Keunggulan Investasi Obligasi Lainnya

Selain keuntungan secara keuangan, berikut adalah keunggulan-keunggulan investasi obligasi lainnya.

  • Aman karena pembayaran kupon dan pokok dijamin UU No. 24 Tahun 2002/UU No. 19 Tahun 2008.
  • Kupon/bunga obligasi lebih tinggi dibandingkan bunga deposito.
  • Mudah untuk diperdagangkan di Pasar Sekunder yang diatur mekanisme Bursa Efek Indonesia (BEI) atau transaksi di luar bursa.
  • Bisa dijaminkan sebagai agunan, seperti obligasi negara.

Risiko Investasi Obligasi

Walaupun dinilai sebagai instrumen investasi yang cukup aman, obligasi sendiri tetap memiliki risiko. Risiko-risiko obligasi ini antara lain:

  • Penerbit obligasi berisiko gagal bayar (default) atas kewajiban mengembalikan dana kepada investor dan berakibat investor tidak mendapatkan kembali seluruh pokok utangnya.
  • Obligasi rentan terhadap perubahan suku bunga, ekonomi, dan kondisi politik yang tidak stabil. Perubahan-perubahan tersebut berdampak pada pasar keuangan.
  • Adanya potensi Capital Loss, yaitu potensi rugi dari harga jual lembar obligasi yang lebih rendah dibandingkan harga belinya.

Khusus untuk risiko gagal bayar, tidak berlaku pada obligasi negara yang terlindungi undang-undang. Dalam hal ini, obligasi yang diterbitkan pemerintah adalah yang paling aman karena risiko gagal bayarnya relatif kecil dibandingkan obligasi yang diterbitkan perusahaan. Hal inilah yang menyebabkan obligasi pemerintah lebih populer daripada obligasi perusahaan.

Sebetulnya banyak hal yang perlu diketahui oleh investor pemula mengenai investasi obligasi. Dengan mengenali obligasi secara umum, Anda telah melewati tahap awal yang diperlukan, untuk mengetahui obligasi lebih jelas dan memiliki gambaran tentang jenis investasi yang satu ini bila nantinya Anda berminat menginvestasikan uang Anda pada instrumen ini.

Sumber Gambar: slideshare.net

Share This

Artikel Terkait Lainnya