ForexSignal88.com l Jakarta, 07/09/2017 – Memiliki properti rumah bagi Anda yang belum memiliki rumah, pasti menjadi impian awal untuk melindungi diri dan keluarga kelak. Namun, membeli rumah tidak semudah membalikkan tangan dikarenakan harganya yang tidak murah. Dan biasanya orang akan membelinya dengan cara mencicil atau kredit. Apakah Anda sudah sanggup memiliki properti? Walau dengan cara kredit..

Untuk dapat melakukan akad kredit properti, penyandang dana alias pemberi kredit memiliki ukuran tersendiri untuk mengukur kemampuan konsumen agar tidak terjadi kredit macet.

Housing-affordability measures atau ukuran kemampuan kepemilikan rumah digunakan untuk menentukan kesanggupan konsumen dalam kepemilikan rumah. Dasar perhitungannya secara sederhana terdiri dari berapa jumlah yang sanggup dibayar seseorang setiap bulannya untuk beban jangka panjang kepemilikan sebuah rumah. Karena biasanya kredit kepemilikan rumah atau KPR itu memiliki tenor 10 hingga 15 tahun.

Beban jangka panjang termasuk pembayaran cicilan (hipotek) per bulan, biaya pemeliharaan (termasuk operasional), asuransi serta pajak properti. Juga berapa banyak uang tunai yang tersedia untuk pembayaran pembelian di muka (sering disebut Down Payment atau uang muka). Biasanya pembayaran di muka memiliki aturan batasan dari bank pemberi pinjaman, persentase dari pokok pinjaman, dan biaya akad ( termasuk biaya survey, biaya pengacara (notaris), biaya asuransi, biaya pembuatan akta, dll.

Lalu bagaimana menghitung ukuran kesanggupan kepemilikan rumah (housing-affordability measures)?

Pertama, kemampuan 35% : Seorang konsumen hanya mampu membayar 35% dari penghasilan bulannya.

Kedua, kemampuan perkalian penghasilan kotor : Harga properti yang akan dimiliki tidak boleh lebih dari 2,5 kali dari penghasilan kotor tahunan keluarga.

Ketiga, kemampuan persentase pendapatan kotor bulanan : Jumlah total pembayaran cicilan bulanan (hipotek), pajak properti dan asuransi tidak boleh melebihi 25% dari penghasilan kotor tahunan keluarga.

Ukuran kesanggupan kepemilikan rumah ini bisa Anda gunakan untuk diri sendiri namun umumnya dibantu oleh perencana keuangan Anda. Terutama ukuran yang pertama agar Anda aman saat menjalani KPR dan tidak terjadi kredit macet di tengah jalan.

Anda sudah siap memiliki rumah?

Sumber Gambar: rumah123.com

Share This

Artikel Terkait Lainnya