ForexSignal88.com l Jakarta, 07/09/2017 – Berinvestasi merupakan salah satu jalan untuk mengembangkan kekayaan dan mencapai posisi bebas finansial. Ini merupakan salah satu tujuan sebagian besar investor. Tetapi, banyak yang tidak bisa mencapainya atau bahkan malah terperosok dalam kemiskinan. Seharusnya kebebasan finansial (financial freedom) tidak hanya sekedar moto atau slogan. Anda harus menyusun cara / strategi untuk mencapainya. Termasuk mengubah kebiasaan atau gaya hidup kita.

Jika Anda ingin mencapai kebebasan secara finansial, maka diperlukan “pengorbanan” dalam diri kita yaitu dengan mengubah ke arah kebiasaan mendukung upaya pencapaian kebebasan finansial.

Lalu, bagaimana caranya? Kami merumuskan setidaknya 10 perilaku yang akan menuntun Anda meraih bebas finansial dalam kehidupan sehari-hari.

Pertama, adalah menetapkan tujuan hidup. Tuliskan berapa banyak yang seharusnya ada di rekening bank Anda, gaya hidup seperti apa yang diperlukan dan pada usia berapa ini harus dicapai.

Usahakan agar tujuan hidup Anda dibuat se-spesifik mungkin agar peluang tercapainya semakin tinggi. Tulis semuanya dengan rapi, dan letakkan lembar tujuan tersebut sebagai pengingat diri kita dalam mencapainya. Kemudian, hitung mundur ke usia sekarang dan buat perkembangan keuangan secara berkala.

Kedua, adalah dengan membuat anggaran. Anda harus membuat anggaran rumah tangga bulanan dan berkomitmen untuk sesuai pada anggaran yang Anda buat. Ini adalah cara terbaik untuk memastikan semua tagihan utama dibayar dan Anda bisa menghemat dan mengetahui pengeluaran yang tidak perlu.

Ketiga, sebisa mungkin membuat tabungan otomatis. Bayar dan hitunglah kebutuhan utama Anda. Memiliki rencana pensiun dari tempat Anda bekerja seperti melalui BPJS Tenaga Kerja atau alternatifnya adalah melalu perusahaan seperti asuransi yang menawarkan produk pensiun.

Sebaiknya dalam menjalankan rencana pensiun, dana premi harus ditarik langsung saat Anda menerima gaji atau pendapatan lainnya. Sehingga Anda tidak tergoda untuk menggunakan dana tersebut yang masih dalam rekening Anda.

Keempat, tidak perlu iri dengan kekayaan tetangga. Terkadang ketika tetangga sebelah rumah membual memamerkan kekayaan seperti mobil baru atau perhiasan atau smartphone terbarunya, Anda tidak perlu iri dan melakukan hal yang sama. Cukup mengangguk saja dan tersenyum. Tetaplah dengan tujuan hidup yang telah Anda buat.

(bersambung)

Sumber Gambar: grid.id

Share This

Artikel Terkait Lainnya