ForexSignal88.com l Jakarta, 01/09/2017 – Anda pasti sudah pernah mendengar mengenai asuransi yang juga memberi manfaat asuransi. Atau investasi yang dibalut dengan penawaran produk asuransi. Ya, asuransi dan investasi semakin bervariasi bentuknya. Namun, kombinasi asuransi plus investasi bermanfaatkah?

Dalam menggunakan atau membeli produk asuransi maupun investasi, yang harus Anda ingat adalah tujuan Anda melakukan itu. Apakah Anda ingin memiliki asuransi? Atau ingin Berinvestasi? Atau keduanya?

Sebenarnya produk kombinasi ini memiliki kelebihan dan kekurangan, karena memang tidak ada produk yang sempurna. Beberapa kelebihan dari produk kombinasi asuransi plus investasi adalah praktis, all in one (Asuransi jiwa, kecelakaan, penyakit kritis plus investasi reksa dana menjadi satu semua), pembayaran mudah, memaksa orang untuk berinvestasi dan mendapat asuransi.

Sedangkan beberapa kekurangan produk kombinasi asuransi plus investasi adalah preminya akan lebih mahal dibandingkan membeli produk tersebut secara terpisah,  manfaat yang diterima lebih kecil, dari tahun pertama sampai tahun kelima, sebagian besar produk kombinasi mengambil porsi premi asuransi, biaya, komisi agen asuransi. Sehingga porsi investasi baru mencapai 100 persen di tahun ke-6 (walaupun sekarang sudah banyak yang mengubah konsep ini), kita tidak memiliki informasi jenis investasi apa secara detail, dan tidak bisa memilih sendiri investasinya, nilai tunai yang terbentuk di tahun-tahun awal, sangatlah kecil, bahkan bisa lebih kecil daripada uang premi yg sudah disetorkan.

Memang tidak semua produk kombinasi asuransi memiliki kelebihan dan kekurangan seperti yang disebutkan di atas. Namun kami menyarankan Anda untuk memisahkan antara produk asuransi dan produk investasi. Karena tujuan dari memiliki asuransi berbeda dengan memiliki produk investasi.

Nah, kalau sudah terlanjur memiliki, pilihannya adalah: stop sekarang dan merasa rugi, atau diteruskan tapi tetap harus keluar bayar premi. Tanpa ada kepastian akan BEP di tahun - tahun ke depan. Karena investasi tidak bisa dipastikan dan tidak ada jaminannya. Dan biasanya, klausul itu ada di dalam sertifikat polis.

Ayo berasuransi dan ayo berinvestasi.

Sumber Gambar: wanitabercerita.com

Share This