ForexSignal88.com l Jakarta, 22/08/2017 – Sering kita mendengar keputusan bank sentral terkait kebijakan suku bunganya. Untuk mengendalikan inflasi dan pertumbuhan ekonomi, bank sentral memang perlu untuk merubah, menaikkan atau menurunkan suku bunga, tergantung pada situasi dan kondisi ekonomi yang sedang berlangsung. Lalu apa yang yang menjadi dampak dari perubahan kebijakan suku bunga tersebut? Kenaikan suku bunga memiliki dampak berbeda dengan Pemangkasan suku bunga. Di setiap aksi bank sentral selalu memiliki dampak riil pada perekonomian. Mari kita ambil contoh kenaikan suku bunga oleh The FED yang mampu berdampak global.

Berikut ini merupakan dampak bagi konsumen dan pebisnis dari kenaikan suku bunga The FED.

Hal berikut yang tidak terpengaruh oleh kenaikan suku bunga:

Tarif Pinjaman Mobil. Perusahaan mobil telah memperoleh manfaat yang sangat besar dari kebijakan suku bunga nol Fed, tapi naiknya suku bunga acuan akan memiliki dampak lebih. Namun karena kredit mobil adalah pinjaman jangka panjang, sehingga tidak atau sedikit sekali berdampak.

Tarif Hipotek. Sebuah tanda kenaikan suku bunga bagi konsumen yang ingin membuka kredit perumahan yaitu penawaran kesepakatan untuk tingkat pinjaman tetap pada rumah baru. Namun, tarif hipotek biasanya lebih berfluktuasi bersama tingkat inflasi.

Hal berikut yang terpengaruh menurun oleh kenaikan suku bunga:

Keuntungan bisnis. Ketika suku bunga naik, itu biasanya merupakan kabar baik bagi profit sektor perbankan. Tapi untuk sektor bisnis global, kenaikan suku bunga dapat mengikis keuntungan bisnis. Itu karena biaya modal yang diperlukan untuk ekspansi menjadi lebih tinggi.

Penjualan Rumah. Suku bunga yang tinggi dan inflasi yang lebih tinggi biasanya meredakan permintaan di sektor perumahan. Setiap kenaikan kecil pasti menjadi penghalang untuk memperoleh investasi jangka panjang.

Belanja Konsumen. Kenaikan biaya pinjaman bisa berpengaruh meningkatkan pada pengeluaran konsumen. Kedua tarif kartu kredit yang lebih tinggi dan tingkat tabungan yang lebih tinggi karena suku bunga bank yang lebih tinggi bisa memicu penurunan dalam belanja konsumen.

(bersambung)

Sumber Gambar: blogspot.com

Share This

Artikel Terkait Lainnya