ForexSignal88.com l Jakarta, 08/06/2017 – Bitcoin adalah cryptocurrency terbesar di dunia, diikuti Cryptocurrencies lainnya dan yang paling dekat adalah Ethereum. Sementara Ethereum berfungsi sama dengan Bitcoin, namun memiliki struktur dan desainnya sangat berbeda.

Bitcoin adalah mata uang berbasis rantai-blok pertama, dan menawarkan pengguna kemampuan untuk mentransfer dana dengan aman dan anonim melalui distribusi buku besar. Sedangkan Ethereum menggunakan rantai-blok yang terdesentralisasi dari Bitcoin, namun memodifikasi desainnya untuk segala kemungkinan yang nyaris tak terbatas.

Penggunaan teknologi rantai-blok membutuhkan jaringan distribusi yang luas dimana terjadi pencatatan transaksi buku besar di setiap titik dalam jaringan. Ini memudahkan pengguna untuk mengirim dan menerima mata uang tanpa pihak ketiga, sementara transaksinya tetap aman melalui konfirmasi desentralisasi.

Keduanya, Bitcoin dan Ethereum, berbasis pada rantai-blok tetapi rantai-blok Ethereum menggunakan konsep yang lebih luas dari distribusi buku besar. Pengguna jadi bisa membuat smart contracts.

Penambangan

Penambangan Bitcoin dapat dilakukan melalui perangkat keras khusus dan jarang sekali memberikan keuntungan kepada satu pengguna tanpa investasi besar.

Ethereum menggunakan sistem penambangan yang berbeda dimana memudahkan pengguna dengan GPU dengan tujuan lebih memicu penambang mandiri dengan jaringan yang kuat.

Kedua mata uang digital ini, dalam penambangannya membutuhkan investasi awal yang terukur agar mendapat keuntungan yang masuk akal.

Saat mengirim Bitcoin atau Ethereum ke alamat lain di rantai-blok, penambang akan menggunakan kekuatan komputasi mereka dan menambahkannya ke dalam blok informasi. Penambang mendapatkan imbalan untuk menambang blok selain itu juga menerima biaya untuk transaksi pada rantai-blok.

Pengguna Bitcoin dan Ethereum1aaa sama-sama membayar biaya transaksi untuk mencatatkan transaksinya ke dalam rantai-blok. Karena ukuran blok pada rantai-blok Bitcoin yang terbatas, transfer Bitcoin dapat memakan waktu lebih dari satu jam untuk konfirmasi penuh, sementara transaksi Ethereum hanya memerlukan waktu rata-rata tiga menit.

Biaya transaksi yang dibayarkan kepada penambang setelah menggunakan rantai-blok Ethereum. Untuk mencegah pengguna melakukan spam atau tindakan berulang terhadap smart contracts, karena semakin meningkatnya biaya dari volume transaksi yang besar.

Untuk sekian banyak transaksi, biaya transaksi rantai-blok Bitcoin dan Ethereum lah yang paling kecil.

Sumber Gambar: cointelegraph.es

Share This

Artikel Terkait Lainnya