ForexSignal88.com l Jakarta, 07/06/2017 – Bagi semua mata uang, dibutuhkan cara untuk bisa mengontrol jumlah uang yang beredar dan pertimbangan faktor keamanan untuk mencegah terjadinya kecurangan. Misalnya saja menghindari terjadi pemalsuan uang dan lain sebagainya.

Pada mata uang kertas (Fiat Money), Bank Sentral berperan untuk mengendalikan jumlah peredaran uang dengan memproteksi uang tersebut agar tidak mudah untuk dipalsukan. Fitur keamanan ini tentu dengan menambah tingkat kesulitan dan kerumitan terhadap pemalsuan uang. Juga dibutuhkan elemen hukum yang bisa menjerat pelaku pelanggaran tersebut.

Cryptocurrency adalah mata uang digital yang dibuat dan diatur melalui penggunaan teknologi enkripsi yang disebut kriptografi. Mata uang digital ini dikelola oleh jaring teknologi peer-to-peer secara desentralisasi.

Sedangkan pengertian kriptografi adalah lebih kepada bidang penelitian mendalam secara akademis (edukasi) dengan menggunakan teknik matematis yang canggih. Sehingga bagi orang awam tentu akan cukup rumit untuk memahaminya. Sedangkan dalam Bitoin hanya bergantung pada beberapa konstruksi kriptografi saja, relatif lebih sederhana, umum dan sudah banyak digunakan.

Tidak seperti mata uang kertas, pengamanan mata uang digital dilakukan murni secara teknologi, dan tanpa harus bergantung pada kebijakan pemerintah pusat. Mata uang digital, menitikberatkan sistem keamanannya pada kriptografi. Sementara didalam kriptografi, terdapat sebuah mekanisme yang bisa dipergunakan untuk mengamankan sistem dalam mata uang digital. Dengan cara melakukan enkripsi (encoding) atau mengkodekan aturan-aturan dalam sistem mata uang digital tersebut.

Seiring perjalanannya Cryptocurrency ini makin populer, yang dari awalnya adalah mungkin hanya untuk edukasi menjadi realitas setelah munculnya salah satu jenis Cryptocurrency Bitcoin pada 2009. Bitcoin semakin menarik dan bertumbuh di tahun-tahun berikutnya. Pada tahun 2013, bitcoin menarik perhatian investor dan media ketika harga bitcoin memuncak dan mencapai rekor $266 per bitcoin. Harga bitcoin ini melonjak hingga 10 kali lipat dari harga 2 bulan sebelumnya.

Muncul perdebatan mengenai jalan panjang Cryptocurrency dan masa depannya. Terutama Bitcoin. Memang pada awalnya banyak masyarakat skeptis terhadap Cryptocurrency ini. Apakah ini bisa menjadi alternatif menggantikan mata uang konvensional dan menyebar global seperti dolar?

Sumber Gambar: technomag.co.zw