ForexSignal88.com l Jakarta, 05/06/2017 – Pemilihan aset properti

Anda perlu memilih aset properti yang tingkat pengembaliannya positif (necessary condition) dengan pertumbuhan tingkat pengembalian yang juga positif (sufficient condition).

Pertumbuhan return positif

Misalkan sebuah properti mempunyai fungsi harga dalam beberapa tahun ke depan sebagai berikut Rp200 juta, Rp220 juta, Rp240juta, Rp 260 juta. Return properti itu adalah positif yaitu Rp20 juta per tahun tetapi pertumbuhan return adalah nol.

Properti ini memenuhi necessary condition, tetapi tidak memenuhi sufficient condition karena pertumbuhan return-nya nol secara nominal. Secara relatif (persentase), turunan keduanya bahkan negatif. Secara relatif, fungsi return-nya adalah 10 persen (20/200), 9.09 persen (20/220), dan 8.33 persen (200/240), sehingga pertumbuhan return adalah negatif. Artinya properti tersebut kurang menarik.

Properti yang bagus dan layak koleksi adalah proeprti yang mampu memberikan return tahunan positif dan pertumbuhan return (turunan kedua), secara nominal dan relatif, yang juga positif.

Memerhatikan time value

Waktu adalah hal sangat berharga dalam bisnis ini karena potensi kenaikan harganya bisa melonjak gila-gilaan dalam waktu cepat. Barangkali Anda menunggu tahun depan saja untuk memulai investasi properti, bisa saja harga sudah sangat melonjak dibandingkan dengan tahun ini.

Nilai tanah di Indonesia masih menempati harga yang relatif murah dibandingkan dengan tanah di negara tetangga. Itulah mengapa harga tanah di Indonesia saat ini bisa dikatakan setiap detik mengalami kenaikan. Namun demikian, harga tanah yang meninggi dapat diatasi dengan perencanaan yang matang serta memperhatikan betul time value ini.

Memilih kategori low end

Bagi Anda yang sedang memulai bisnis properti ini dengan modal yang terbatas, tidak ada salahnya anda memilih kategori properti yang masih low end. Artinya, jika Anda menginvestasikan rumah, Anda bisa memilih rumah dengan spesifikasi yang sederhana terlebih dahulu di daerah yang belum terlalu ramai. Tujuannya adalah agar sesuai dengan besaran modal anda. Anda akan menambah aset dulu sebagai langkah awal. Ketika aset itu berkembang, maka rumah Anda tersebut bisa dijadikan agunan. Dengan begitu, Anda bisa menambahkan modal yang lumayan itu untuk mengembangkan bisnis atau properti yang lain.

(bersambung)

Sumber Gambar : evgenergy.com

Share This

Artikel Terkait Lainnya