ForexSignal88.com l Jakarta, 31/05/2017 – Seperti sudah kami bahas pada beberapa artikel sebelumnnya, pengertian saham adalah bukti penyertaan atau kepemilikan dalam suatu perusahaan. Di era digital seperti sekarang ini, bukti kepemilikan saham bukan lagi berbentuk surat (cetak) tapi hanya bentuk pencatatan digital seperti yang bisa dilihat di AKSes (Acuan Kepemilikan Sekuritas). Anda yang sudah terjun menjadi investor saham semestinya memiliki akses ke AKSes.

Dari banyak saham yang terdaftar (listing) di BEI, tentu Anda harus memilih salah satu atau salah dua atau salah tiga saham-saham tersebut. Disesuaikan dengan kemampuan dan keadaan modal dana yang Anda setorkan ke sekuritas.

Bagi Anda investor pemula, Anda bisa memilih saham-saham bluechip, biasa disebut saham LQ45 yang terdaftar di BEI. LQ45 adalah kumpulan saham dengan kapitalisasi besar dari perusahaan ternama yang tingkat transaksinya (likuiditas) tinggi.

Berikut lima sektor yang diminati investor saham :

Consumer Goods

Ini merupakan sektor bagi perusahaan-perusahaan yang menjual barang kebutuhan pokok bagi konsumen, mulai dari alat cuci, toiletries hingga produsen makanan. Pertimbangannya, bannyak orang membutuhkan produk perusahaan ini. Penggunaan sikat gigi, odol, sabun, dan makanan. Sehingga mendorong pergerakan harga saham yang cenderung naik.

Perbankan

Ini menjadi salah satu sektor vital bagi negara. Banyak orang atau perusahaan yang membutuhkan perbankan. Dari penghimpunan dana hingga pengembangan usaha membutuhkan institusi perbankan. Cocok untuk investasi jangka panjang.

Infrastruktur

Sektor ini juga termasuk yang paling diminati. Terlebih jika pemerintah menitikberatkan rencana pembangunan dalam lima tahun kepada peningkatan pembangunan infrastruktur. Seperti pembangunan tol, jembatan, bandara, hingga pelabuhan membuat nilai saham terus meningkat. Apalagi saham BUMN diminati banyak orang karena mereka rutin membagikan dividen.

Properti

Sektor ini melihat kepada kebutuhan akan tempat tinggal. Anda bisa lihat makin banyak apartemen dan perumahan kelas menengah yang dibangun. Berinvestasi saham properti pun efektif menambah pundi-pundi keuangan kita.

Farmasi

Sektor ini mencakup perusahaan produsen dan peredaran obat-obatan dan alat kesehatan. Jumlah rakyat di Indonesia yang padat pasti membutuhkan obat dan alat kesehatan yang memadai. Kebutuhan akan ini selalu ada dan meningkat. Sehingga harga saham farmasi berpotensi untuk terus meningkat.

Nah, dari pembahasan di atas diharapkan Anda sudah mendapatkan gambaran saham mana yang akan dipilih untuk dikoleksi. Selamat koleksi saham.

Sumber Gambar : kiwoom.co.id

Share This

Artikel Terkait Lainnya