ForexSignal88.com l Jakarta, 13/03/2018 – Euforia atas pengenalan kontrak berjangka bitcoin di Chicago Mercantile Exchange (CME) dan Chicago Board Options Exchange (CBOE) beberapa bulan lalu telah mengumpulkan harga cryptocurrency ke rekor tertinggi.

Setelah CME dan CBOE mengumumkan tanggal mulai untuk perdagangan berjangka bitcoin di platform masing-masing, harga sebuah bitcoin tunggal melonjak dari $ 10.000 pada akhir minggu lalu ke puncak $ 20.000 pada beberapa bursa bitcoin kemarin.

Investor antusias dengan bitcoin futures karena investor institusi akan membawa likuiditas dan stabilitas harga ke entitas yang volatile. Tapi langkah tergesa-gesa oleh bursa telah menarik kritik. Misalnya, Sir Howard Davies, ketua Royal Bank of Scotland, mengkritik bursa karena tidak meminta umpan balik yang cukup dari pelaku pasar sebelum menetapkan batas harga dan tingkat perdagangan margin.

Bitcoin itu adalah mata uang digital tanpa kewarganegaraan dan entitas yang tidak diatur hanya diharapkan menambah rumitnya perdagangan berjangka.

Berikut adalah empat masalah yang dihadapi CME dan CBOE saat mereka memulai perdagangan berjangka bitcoin.

  1. Batas Harga Akan Turun Ke Keuntungan Trading

Kontrak CME memiliki batas harga 20% di atas atau di bawah harga referensi bitcoin untuk mengurangi volatilitas. Batas harga ditujukan untuk meminimalkan dampak buruk dari ayunan harga liar bitcoin di pasar berjangka.

Tapi mereka mungkin akhirnya memotong keuntungan pedagang. Ini karena harga referensi untuk derivatif bitcoin didasarkan pada bursa di pasar yang tidak diatur, di mana ayunan harga lebih dari 20% telah menjadi hal yang biasa. Dengan demikian, pedagang berjangka tidak akan mendapatkan keuntungan dari lonjakan lebih besar dari 20 persen pada harga bitcoin di bursa yang mendasarinya.

Dengan adanya batasan pada derivatif dan bukan aset dasar itu kontraproduktif karena mengurangi keefektifan instrumen (futures). Batas harga di CME mungkin memaksa pedagang untuk mencari tempat lain untuk menyadari nilai penuh dari keuntungan mereka.

Harga liar Bitcoin justru menjadi hal yang menarik bagi pedagang dalam mengambil keuntungan dari perdagangan berjangka.

Sumber Gambar: newscrux.com

Share This

Artikel Terkait Lainnya