ForexSignal88.com l Jakarta, 12/03/2018

Harga Opsi

Harga sebuah opsi disebut premium. Pembeli sebuah opsi tidak dapat kehilangan lebih dari jumlah premi awal yang dibayar untuk kontrak tersebut, tidak peduli apa yang terjadi pada aset yang mendasarinya. Jadi, risiko pembeli tidak pernah melebihi jumlah yang dibayarkan untuk opsi itu. Potensi keuntungan, di sisi lain, secara teoritis tidak terbatas.

Sebagai imbalan atas premi yang diterima dari pembeli, penjual opsi mengasumsikan risiko pengiriman (jika ada opsi call) atau menerima pengiriman (jika opsi put) dari saham. Kecuali jika opsi itu ditutupi oleh opsi lain atau posisi di saham yang mendasarinya, kerugian penjual dapat dilakukan secara terbuka, yang berarti penjual dapat merugi lebih dari jumlah premi asli yang diterima.

Jenis Opsi

Anda harus tahu bahwa ada dua tipe dasar dari opsi, yaitu Amerika dan Eropa. Opsi Amerika, atau gaya Amerika, dapat dilakukan setiap saat antara tanggal pembelian dan tanggal kadaluwarsa. Sebagian besar opsi yang diperdagangkan di bursa adalah gaya Amerika dan semua opsi saham adalah gaya Amerika. Opsi Eropa atau gaya Eropa hanya bisa dilakukan pada tanggal kedaluwarsa. Banyak opsi indeks adalah gaya Eropa.

Ketika harga strike dari sebuah opsi call berada di atas harga saham saat ini, call tersebut keluar dari uang (out of money); Bila harga strike di bawah harga saham itu berada di uang (in the money). Opsi Put, justru sebaliknya, berada di luar uang saat harga strike berada di bawah harga saham dan berada di uang saat harga strike berada di atas harga saham.

Perhatikan bahwa opsi tidak tersedia dengan harga berapa saja. Opsi saham umumnya diperdagangkan dengan harga strike dalam interval $ 2,50 sampai $ 30 dan dalam interval $ 5 di atas itu. Juga, hanya harga strike dalam kisaran yang wajar di sekitar harga saham saat ini yang umumnya diperdagangkan.

Semua opsi saham akan berakhir pada tanggal tertentu, yang disebut tanggal kedaluwarsa. Untuk opsi normal terdaftar, ini bisa sampai sembilan bulan dari tanggal opsi pertama kali terdaftar untuk perdagangan. Kontrak opsi jangka panjang, yang disebut LEAPS, juga tersedia di banyak saham, dan ini dapat memiliki tanggal kedaluwarsa hingga tiga tahun sejak tanggal pencatatan.

Opsi secara resmi akan berakhir pada hari Sabtu setelah Jumat ketiga bulan kedaluwarsa. Tapi, dalam praktiknya, itu berarti opsi tersebut berakhir pada hari Jumat ketiga, karena broker Anda sepertinya tidak akan tersedia pada hari Sabtu dan semua bursa ditutup. Penyelesaian broker ke broker biasanya dilakukan pada hari Sabtu.

Tidak seperti saham, yang memiliki periode permulaan tiga hari, opsi akan diselesaikan keesokan harinya. Untuk menyelesaikan tanggal kedaluwarsa (Sabtu), Anda harus melakukan exercise atau trade option pada akhir hari pada hari Jumat.

Sumber Gambar: youtube.com

Share This

Artikel Terkait Lainnya